Wakil Bupati Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Wahyudi Hidayat mengatakan Festival Rimba II Tahun 2024 yang dilaksanakan di Sungai Utik Desa Batu Lintang di wilayah Kapuas Hulu mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pariwisata daerah.

"Tidak hanya pelestarian alam, Festival Rimba itu juga dapat menarik perhatian para wisatawan baik dari dalam mau pun luar negeri," kata Wahyudi Hidayat dihubungi ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Jumat.

Wahyudi menyampaikan Festival Rimba itu juga sebagai ajang promosi adat dan budaya serta menggerakkan ekonomi pelaku usaha kecil dan menengah.

Ia mengatakan banyak produk kerajinan tangan serta hasil tenun masyarakat Iban di Sungai Utik yang diminati para pengunjung.

"Artinya Festival Rimba itu mendatangkan nilai positif bagi ekonomi masyarakat," ucapnya.

Wahyudi mengapresiasi atas terselenggaranya Festival Rimba tersebut, pemerintah daerah terlebih lagi dirinya siap mendukung agar Festival Rimba menjadi agenda rutin tahunan di Kabupaten Kapuas Hulu.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal dalam pelestarian adat dan budaya serta alam semesta.

"Festival Rimba itu mengingatkan kita untuk menjaga kelestarian alam yang telah diwariskan para leluhur," pintanya.

Wahyudi juga berjanji terus memberikan dukungan agar pelaksanaan Festival Rimba dari tahun ke tahun semakin meriah dan melibatkan banyak pihak dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata Kapuas Hulu.

Untuk diketahui, Sungai Utik Desa Batu Lintang masuk dalam 50 besar sebagai desa wisata di Indonesia, saat ini desa tersebut sedang mempersiapkan diri mengikuti penilaian agar bisa masuk 10 besar desa wisata.

Selain itu, Sungai Utik juga memiliki hutan adat yang sudah mendapatkan pengakuan dari pemerintah dan penghargaan dari dunia, dengan kearifan lokal serta pelestarian alam adat dan budayanya.
Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat disambut tarian adat istiadat Dayak Iban membuka Festival Rimba ke-II Tahun 2024, di Sungai Utik Desa Batu Lintang, Kecamatan Embaloh Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Prokopim Setda Kapuas Hulu (Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024