Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar), menarik perhatian peserta dari dalam dan luar negeri melalui berbagai ajang olahraga berbasis alam atau yang dikenal dengan sport tourism sekaligus menghidupkan sektor pariwisata daerah ini.
 
"Satu di antara kegiatan sport tourism yang telah digelar dan mendongkrak popularitas Kubu Raya adalah lomba sepeda MTB downhill di Desa Sungai Deras," ujar Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kubu Raya Rini Kurnia Solihat, di Sungai Raya, Selasa.
 
Berkat kontur alam yang berbukit di Desa Sungai Deras, kawasan ini dimanfaatkan sebagai lintasan alami bagi para pesepeda yang memacu adrenalin dari puncak bukit hingga ke bawah. Rini mengatakan bahwa ajang ini tidak hanya memikat masyarakat lokal, tetapi juga menarik minat peserta dari berbagai daerah di seluruh Kalbar.
 
"Animo masyarakat terhadap sport tourism semakin meningkat, terutama dengan hadirnya lomba-lomba seperti ini yang memanfaatkan keindahan alam daerah kita," ujarnya pula.
 
Selain sepeda downhill, lomba terabas motor trail juga digelar di desa wisata sekitar Sungai Deras, kegiatan ini dikatakan Rini berhasil menggandeng komunitas motor trail, dengan mengajak peserta menjelajahi berbagai rute menantang dengan pemandangan alam yang memukau.
 
Ajang ini sukses menarik banyak penggemar olahraga off-road, baik dari lokal maupun luar daerah.
 
Kubu Raya juga menjadi tuan rumah bagi berbagai ajang olahraga tradisional, seperti panahan tradisional yang diselenggarakan di sejumlah destinasi wisata. Ajang ini tidak hanya mempertahankan kearifan lokal, tetapi juga menambah daya tarik wisata dengan menggabungkan olahraga dan budaya tradisional.
 
Puncak sport tourism di Kubu Raya adalah ajang lari menanjak. Lomba lari ini menghadirkan ribuan peserta dari seluruh Indonesia, bahkan ada yang datang dari luar negeri. Dengan tiga kategori jarak, yakni 5K, 10K, dan 21K, ajang ini berhasil menjadi salah satu daya tarik pariwisata yang kuat di Kubu Raya.
 
"Kami menganggap kegiatan ini sebagai bagian dari atraksi pariwisata, selain berolahraga, peserta juga dapat menikmati keindahan alam dan keunikan daerah ini," ujarnya.
 
Berbagai event sport tourism ini tidak hanya meningkatkan kunjungan wisatawan, tetapi juga membuka peluang bagi Kubu Raya untuk terus mengembangkan potensi pariwisatanya.
 
Dengan dukungan dari berbagai komunitas olahraga dan antusiasme masyarakat, Kubu Raya diharapkan semakin dikenal sebagai destinasi unggulan untuk sport tourism di Indonesia.

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024