Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Barat terus mengangkat derajat kerajinan masyarakat Kalbar melalui berbagai strategi promosi yang berhasil menarik perhatian nasional dan internasional.

"Hasil karya perajin Kalbar, terutama wastra dan produk kerajinan khas daerah, kini semakin dikenal luas, memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal. Salah satu momen penting yang menegaskan keberhasilan promosi ini adalah ketika Presiden Republik Indonesia memilih wastra Kalbar sebagai busana dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) ke-10 bulan Mei lalu, di mana ini menjadi promosi yang luar biasa dari pemerintah terhadap kerajinan masyarakat Kalbar," kata Pj Ketua Dekranasda Windy Prihastari Harisson, di Pontianak, Selasa.

Selain itu, kata Windy, Wakil Presiden beserta Istri juga mengenakan wastra Kalbar pada peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79, menandai pengakuan nasional terhadap kualitas dan keunikan wastra Kalbar.

Menurutnya, pengakuan atas keindahan dan nilai budaya wastra Kalbar tidak berhenti di situ. Produk-produk kerajinan Kalbar juga dipilih untuk menghiasi Galeri Nusantara di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, memberikan kesempatan bagi kerajinan Kalbar untuk dikenal oleh masyarakat dari seluruh penjuru negeri.

Keberhasilan promosi ini turut menarik perhatian internasional, terlihat dari kunjungan para Istri Menteri dari Sarawak, Malaysia, serta Ketua DWP BPK Kalbar, yang mengunjungi Dekranasda Kalbar pada Senin, 2 September 2024.

Dalam kunjungan tersebut, Windy Prihastari Harisson memperkenalkan secara langsung beragam wastra dan produk kerajinan khas Kalbar, yang semakin menarik minat para tamu mancanegara.

"Kami di Dekranasda Kalbar berkomitmen untuk terus mempromosikan hasil kerajinan masyarakat Kalbar, agar dapat dikenal tidak hanya di tingkat lokal dan nasional, tetapi juga hingga ke mancanegara," ujar Windy.

Diaa menambahkan bahwa upaya promosi yang telah dilakukan sejak awal tahun 2024 menunjukkan hasil yang sangat positif, dengan meningkatnya jumlah pengunjung dan penjualan produk-produk kerajinan Kalbar.

"Alhamdulillah, berbagai event dan pameran yang kami ikuti telah membantu kami menjual banyak produk. Beberapa hari ini, kami bahkan mengalami lonjakan pengunjung yang sangat signifikan," tuturnya.

Windy juga berharap bahwa promosi yang dilakukan oleh Dekranasda Kalbar dapat terus mendongkrak popularitas dan penjualan produk kerajinan masyarakat Kalbar.

"Semoga dengan semakin dikenal luasnya produk kriya dan wastra Kalbar, kita dapat lebih membantu perekonomian masyarakat, khususnya para perajin dan pelaku ekonomi kreatif lainnya," kata Windy.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024