Bank Pembangunan Daerah (BPD) atau Bank Kalbar milik pemerintah daerah terus berupaya mendorong dan membantu pelaku usaha untuk berkembang, salah satunya mendampingi 1.000 UMKM di Kota Pontianak dapatkan izin usaha secara gratis.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan akses layanan perizinan usaha khususnya bagi pelaku UMKM yang ada di Kota Pontianak sehingga makin banyak pelaku usaha mikro mampu mengakses permodalan usaha. Sehingga UMKM bisa berkembang dan maju," ujar Direktur Utama Bank Kalbar Rokidi di Pontianak, Kamis.

Ia mengatakan bahwa melalui kegiatan tersebut juga untuk meningkatkan daya saing serta lahirnya usaha mikro kreatif dan inovatif dalam rangka menjawab perubahan perkembangan zaman.

"Kami berharap UMKM lebih fokus pada pengembangan usaha tanpa terbebani urusan administratif," dia.

Sementara itu Penjabat Wali Kota Pontianak Ani Sofian menyambut baik serta memberikan apresiasi ke Bank Kalbar atas kerja sama menyelenggarakan program tersebut.

“Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan edukasi dan bimbingan kepada pelaku UMKM, sehingga pelaku UMKM dapat lebih mudah memenuhi persyaratan dan melalui proses pengurusan yang diperlukan untuk memperoleh izin usaha,” kata dia.

Menurut dia, kehadiran UMKM sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi di Kota Pontianak. Melalui program ini diharapkan mempermudah dan mempercepat proses perizinan bagi pelaku UMKM.

“Dengan demikian, UMKM di Kota Pontianak dapat semakin berkembang dan berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Di samping itu, lanjutnya Ani Sofian, pendampingan juga dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi pelaku UMKM di Kota Pontianak. Manfaat pertama, dengan memperoleh izin usaha, pelaku UMKM dapat beroperasi secara legal dan terhindar dari potensi masalah hukum di masa depan.

Kedua, dengan pemahaman yang lebih baik tentang proses perizinan, pelaku UMKM diharapkan dapat lebih percaya diri dalam menjalankan bisnis mereka dan berkontribusi lebih besar terhadap perekonomian lokal.

“Pemerintah Kota Pontianak berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan UMKM. Kami akan terus berupaya menciptakan iklim usaha yang kondusif dan menyediakan berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM,” kata dia.
 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024