Enam peserta dari kafilah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) masuk babak final pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-30 tahun 2024 di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).
 
Ketua Tim MTQ Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat Wakaf (Penaiszawa) Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel H Mahalli, di Kaltim, Sabtu (14/9), menyebutkan enam peserta kafilah Kalsel yang masuk babak final itu, pada cabang lomba tilawah, tahfiz, dan kaligrafi.
 
Adapun enam peserta Kalsel yang berhasil masuk final pada MTQ Nasional yang diselenggarakan dari 6-16 September 2024 tersebut, yakni Mahrudin pada cabang lomba kaligrafi golongan khat kontemporer, Fuat Hasan pada cabang lomba kaligrafi golongan khat digital, M Nabil Fadillah pada cabang lomba tilawah golongan Tartil Alquran tingkat anak-anak putra.
 
Selanjutnya, Nurul Aliyah pada cabang lomba tilawah golongan qiraat mujawad dewasa putri, M Khairil Najemi pada cabang tahfiz Alquran golongan 20 juz, dan Dina Andriani lomba cabang bergengsi tilawah golongan dewasa.
 
Selain menempatkan enam peserta di babak final, kontingen Kalsel juga berhasil menempatkan sembilan peserta di posisi juara harapan.
 
"Secara umum di beberapa cabang yang lain kita bisa bersaing ketat dengan provinsi yang lain," ujarnya.
 
Provinsi Kalsel mengirim kafilah sebanyak 106 orang yang mengikuti seluruh cabang lomba di MTQ Nasional 2024 yang digelar di Kota Samarinda, Kaltim.
 
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor saat pelepasan kafilah provinsinya berharap agar bisa kembali mempertahankan masuk tiga besar juara umum sebagaimana pada MTQ Nasional ke-29 tahun 2022 di Provinsi Kalsel.
 
"MTQ Nasional di provinsi kita sebelumnya berlangsung sukses, semoga di provinsi tetangga kita Kaltim juga demikian, bahkan lebih baik lagi," demikian Gubernur Kalsel itu pula.

Pewarta: Sukarli

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024