Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok menggelar pertunjukan kebudayaan Indonesian Cultural Night 2024 dengan menghadirkan 165 penampil dari sejumlah daerah di Indonesia di Kbank Siam Pic-Ganesha Theatre, Bangkok pada Minggu (15/9).

Duta Besar RI untuk Thailand Rachmat Budiman menyoroti pentingnya pertukaran budaya sebagai jembatan persahabatan Indonesia dengan Thailand dan komunitas internasional lainnya, menurut siaran pers KBRI Bangkok yang diterima di Jakarta, Senin.

"Warisan budaya kita adalah jembatan bagi bangsa kita. Melalui acara ini, kita merayakan kekayaan tradisi kita dan keindahan kolaborasi antara Indonesia dan Thailand," kata Dubes Rachmat saat membuka acara tersebut.

Menurut dia, pertunjukan kebudayaan itu bukan hanya untuk mempromosikan seni dan budaya Indonesia, namun juga sebagai representasi ikatan budaya yang kuat antara kedua negara. "Melalui musik, tarian, dan cerita, acara unik ini mencerminkan hubungan mendalam dan nilai-nilai yang dibagikan oleh kedua negara tetangga ini", katanya.

Indonesian Cultural Night 2024 merupakan salah satu program prioritas KBRI Bangkok dalam rangkaian Trade, Tourism, Investment and Culture Forum (TTICF) 2024 yang digelar untuk memperkuat hubungan dan kerja sama Indonesia-Thailand melalui kombinasi pertunjukan budaya, forum bisnis serta pameran karya seni.

Baca juga: Indonesia memperkenalkan diplomasi angklung di Italia

Sekitar 1.000 penonton, yang mayoritas masyarakat dan pejabat pemerintah Thailand serta kalangan korps diplomatik, tampak menikmati pertunjukan seni tari dan musik tradisional Indonesia seperti Tarian Bebarisan Sudamala yang dibawakan ISI Denpasar, Tari Ronggeng Panggung dari Universitas Padjadjaran, Tarian Tor Tor dari Universitas Sumatra Utara serta Tari Prawira Wengker dan Lerok Lelono yang dibawakan Universitas Negeri Surabaya, seperti dikutip.

Kolaborasi Dubes Rachmat dan Wattanatham Band dari Chulalongkorn University, Thailand menjadi salah satu highlight penampilan acara tersebut. Dengan fasih Dubes Rachmat menyanyikan lagu Thailand berjudul Wanipok dan Wattanatham Band mengiringi saat dubes membawakan lagu Tapisah asal Maluku.

Pada kesempatan itu, dia juga menyanyikan lagu-lagu Batak seperti O Tano Batak, Baringin Sabatola dan Anak Medan yang diaransemen Universitas Sumatra Utara. Para siswa Sekolah Indonesia Bangkok juga mempertontonkan kemahirannya dalam bermain alat musik angklung dan kulintang sambil membawakan lagu Jaranan dan Sajojo.

Hadir sebagai Tamu Kehormatan yakni Ketua Parlemen Thailand Wanmuhammadnoor Matha. Hadir pula Ketua Senat Thailand Mongkol Surasajja, Executive Secretary UNESCAP Armida Salsiah Alisjahbana, Deputy Permanent Secretary Kementerian Luar Negeri Busadee Santipitaks serta Gubernur Bangkok Chadchart Sittipunt.

Baca juga: Budaya Indonesia tampil di ajang World Cultural Month Dakar

 

Pewarta: Asri Mayang Sari

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024