Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat, I Made Putra Negara menyatakan ada 9 destinasi wisata unggulan di Bengkayang yang wajib dikunjungi wisatawan.

"Ada banyak destinasi wisata tapi ada sembilan yang jadi unggulan," kata Made saat dihubungi, Selasa.

Made mengatakan destinasi wisata Kabupaten Bengkayang didukung oleh keindahan alam, kekayaan budaya, dan keramahan masyarakatnya.

"Mau berkunjung ke Bengkayang jangan lupa hubungi pengelola untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Kenakan pakaian yang nyaman, sesuai dengan kondisi cuaca. Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan seperti pakaian ganti, obat-obatan, dan makanan ringan serta jaga kebersihan dan kelestarian lingkungan," pesan Made.

Ia mengatkaan 9 destinasi unggulan  di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat yaitu :
1. Pantai Samudera Indah (PSI) yang merupakan salah satu pantai terindah di Kabupaten Bengkayang yang terletak di Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan. Area pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih.

2. Pantai Kura-kura yang merupakan salah satu pantai yang unik di Kabupaten Bengkayang. Pantai ini juga terletak di Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan. Pantai ini terkenal dengan pasirnya yang putih, dengan warung-warung masyarakat berjajar sepanjang pantai, sangat direkomendasikan untuk tempat santai keluarga.

3. Pantai Mimiland merupakan salah satu destinasi wisata terpadu di Kabupaten Bengkayang yang menawarkan berbagai macam fasilitas, seperti hotel, pantai, kolam renang, dan wahana permainan.

 
Rafting Arum jeram (ANTARA/Narwati)


4. Pulau Lemukutan, menjadi salah satu pulau terindah di Kabupaten Bengkayang. Pulau ini terletak di Desa Lemukutan, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan. Pulau ini memiliki berbagai macam objek wisata, seperti pantai dengan air yang jernih, terumbu karang yang masih sangat terjaga.

5. Pulau Randayan, merupakan salah satu pulau yang masih asri di Kabupaten Bengkayang. Pulau ini terletak di Desa Lemukutan, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan. Pulau ini memiliki Resort yang Premium, memiliki helipad khusus, berbagai permainan eksklusif seperti jetsky, banana boath, peralatan selam, dan kapal cepat, yang siap memanjakan wisatawan untuk sekedar mengelilingi Pulau Randayan, atau jelajah 12 pulau yang ada di sekitar Randayan.

6. Sepadang Hill merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menawarkan pemandangan Bukit Sepancung dengan sunset di sore hari dan lautan awan di pagi hari. Sepadang Hill terletak di Desa Cipta Karya, Kecamatan Sungai Betung.

7.  Tanggi Rafting merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berlokasi  di Dusun Segonde, Desa Pisak, Kecamatan Tujuh Belas. Destinasi ini menawarkan aktivitas arung jeram di Sungai Tanggi. Ada  empat kelompok sadar wisata yang mengembangkan permainan Arung Jeram di sepanjang Sungai Tanggi, diantaranya kelompok sadar wisata Riam Merasap, kelompok sadar wisata Riam Pangar, kelompok sadar wisata Sunge Gonde, dan kelompok sadar wisata Riam Parangek.

8. Wisata belanja di perbatasan Jagoi Babang merupakan salah satu destinasi wisata belanja di Kabupaten Bengkayang yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Destinasi ini menawarkan berbagai macam barang-barang dari Malaysia, seperti pakaian, makanan, dan elektronik,maupun barang keperluan sehari-hari yang murah tapi berkualitas. Disamping surga belanja bagi ibu-ibu rumah tangga, wisatawan juga bisa berkunjung ke kampung adat ‘Bung Kupuak” dengan rumah adat yang khas, dan masih ada destinasi wisata menarik berupa Goa Pate, yang masih alami.

9. Wisata budaya kampung kreatif merupakan salah satu destinasi wisata budaya berupa kerajinan anyaman berbahan rotan. Wisata budaya kampung Kreatif ini terletak  di Desa Sekida, Kecamatan Jagoi Babang.

Pewarta: Narwati

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024