Sebanyak 115 orang atlet Provinsi Kalimantan Barat mengikuti Pekan Paralimpik Nasional (Papernas) ke-17 di Solo, Jawa Tengah.

“Saya percaya bahwa atlet-atlet paralimpiade kita memiliki semangat juang yang luar biasa. Mereka siap memberikan yang terbaik dan meraih prestasi di ajang ini,” ujar Pj Gubernur Kalimantan Barat Harisson saat melepas kontingen Kalbar, Senin.

Dia menjelaskan, kontingen Kalbar terdiri dari 115 atlet dan 44 ofisial atau pendamping yang akan bersaing dalam berbagai cabang olahraga di Papernas yang berlangsung dari tanggal 1 hingga 15 Oktober 2024.

Pada kesempatan itu Harisson menekankan pentingnya dukungan dan motivasi bagi para atlet agar dapat tampil optimal dan mengharumkan nama Kalimantan Barat di tingkat nasional.

“Ini adalah kesempatan bagi kita untuk menunjukkan kemampuan dan potensi atlet paralimpiade Kalbar. Saya berharap semua kontingen dapat menjaga sportivitas dan memberikan penampilan terbaik,” tuturnya.

Kontingen Kalbar yang akan berangkat terdiri dari 115 orang atlet dan 44 orang ofisial, di mana kegiatan pekan Paralimpik Nasional (Papernas) dimulai pada tanggal 1 sampai 15 Oktober 2024.

Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kalimantan Barat, Mustaat Saman, menyampaikan bahwa kontingen Kalimantan Barat mengikuti 10 cabang olahraga.

Ia menuturkan, peringkat Kalimantan Barat (Kalbar) pada Pekan Paralimpik Nasional (Pepernas) Solo nanti harus ada peningkatan. 

Target kontingen Kalimantan Barat yaitu masuk peringkat 10 besar.

"Tahun sebelumnya kita peringkat 13, tahun ini kita targetkan untuk kontingen Kalbar adalah masuk 10 besar dengan 15 emas, 15 perak, dan 10 perunggu," kata Mustaat.
 

Pewarta: Rendra Oxtora dan Edo Saputra

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024