Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Ani Sofian pada Hari Puncak Membaca Pontianak 2024 mengatakan pihaknya terus menggencarkan gemar membaca kepada seluruh masyarakat sebagai upaya meningkatkan literasi.

“Saya sebagai Pj Wali Kota Pontianak terus mengedukasi dan sosialisasi kepada seluruh warga untuk gemar membaca. Hal itu karena dari membaca itu kita dapat mendapat ilmu, kemudian dengan membaca juga kita bisa menyelesaikan persoalan yang selama ini rumit kita pecahkan," ungkap Ani Sofian di Pontianak pada Ahad.

Lebih lanjut, Ani menekankan bahwa budaya membaca tidak boleh hanya dianggap sebagai kewajiban bagi kalangan akademisi, tetapi harus menjadi kebiasaan yang ditanamkan oleh seluruh masyarakat.

"Kebiasaan gemar membaca ini seharusnya bukan hanya menjadi tanggung jawab siswa atau mahasiswa, tapi juga harus melibatkan seluruh masyarakat Pontianak," ujarnya.

Ani menambahkan, Pemkot Pontianak melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan telah memberikan bantuan berupa fasilitas membaca yang tersebar di berbagai lokasi.

“Kami telah memberikan bantuan untuk enam Rumah Dongeng yang tersebar di enam kecamatan di Pontianak. Selain itu, kami juga memberikan bantuan kepada 12 taman bacaan masyarakat ataupun perpustakaan masyarakat. Dengan demikian, ada total 18 yang kami serahkan bantuan,” ujar Ani.

Ia menambahkan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sudah memberikan banyak sekali manfaat positif bagi masyarakat Pontianak dan harapannya kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali pada tahun depan dengan inovatif.

Dalam kesempatan sama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pontianak, Rendrayani pada Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan yang dirayakan sepanjang September menggelar beberapa agenda.

"Kami menyelenggarakan pelatihan, kunjungan perpustakaan dari anak-anak PAUD, sayembara cerpen, sayembara video review buku, dan lomba yel-yel gemar membaca. Selain itu, ada juga kegiatan bernama Bernada Lewat Kata," kata Rendrayani.

Menurut Rendrayani, dengan adanya Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca itu masyarakat semakin sadar akan pentingnya buku dan pentingnya membaca.

"Harapannya literasi di Kota Pontianak makin meningkat," ucap dia.*

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024