Personel Kepolisian Sektor (Polsek) Bengkunat, Polres Pesisir Barat, Lampung bergerak cepat untuk mengevakuasi pohon tumbang yang menutupi jalan lintas barat menuju Provinsi Bengkulu.

Kapolres Pesisir Barat AKBP Alsyahendra, saat dihubungi dari Lampung Selatan, Senin menyampaikan bahwa kegiatan evakuasi pohon tumbang ini dilakukan sebagai respons cepat terhadap situasi yang dapat membahayakan keselamatan pengguna jalan raya.

"Personel Polsek Bengkunat bekerja sama dengan Tim BPBD untuk memastikan jalan tetap dapat dilalui dengan memotong dan memangkas batang kayu yang menghalangi sebagian badan jalan dan melakukan pengaturan lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan, di Jalan Lintas Barat Kecamatan Bengkunat, pukul 13.30 WIB," kata dia.

Ia menjelaskan, penyebab pohon tumbang akibat dari cuaca ekstrem angin kencang dan intensitas curah hujan yang tinggi sehingga mengubah konstruksi tanah menjadi gembur.

Menurutnya, pohon tumbang tersebut menghalangi jalan raya di Jalan Lintas Barat, yang merupakan jalur vital bagi masyarakat dan saat ini pohon tumbang tersebut berhasil dievakuasi.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada saat beraktivitas di sekitar area tersebut, mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu dapat menyebabkan kejadian serupa," katanya.

Polres Pesisir Barat akan terus berkoordinasi dengan BPBD dan instansi terkait lainnya untuk menangani kejadian-kejadian darurat seperti bencana alam secara cepat dan efektif.

"Dengan upaya ini, diharapkan dapat mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh bencana alam dan menjaga keselamatan masyarakat di wilayah Pesisir Barat," ujarnya.

Pewarta: Riadi Gunawan

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024