Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), telah menyiapkan dua Bus Rapid Transi (BRT) gratis untuk mengangkut pelajar berangkat sekolah.

"Dua bus tersebut berangkat dari Dishub Pontianak mulai pukul 05.30 dan 05.35 WIB menuju rute-rute yang telah ditentukan. Ini gratis untuk siswa dan segera diluncurkan operasionalnya," ujar Kepala Dishub Pontianak Yuli Trisna Ibrahim di Pontianak, Minggu.

Ia menambahkan tidak menutup kemungkinan armada yang ada akan ditambah jika jumlah penumpang melebihi dari armada yang tersedia.

“Kami akan lihat perkembangannya nanti, jika memang jumlah siswa yang menggunakan BRT meningkat maka akan kami tambah armadanya,” jelas dia.

Dengan beroperasinya bus, kata dia, diharapkan permudah mobilisasi para pelajar ke sekolah-sekolah yang dilalui BRT. Adapun rute yang dilalui, lanjut Trisna, mulai dari Dishub Pontianak Jalan Alianyang - KH Wahid Hasyim - H Rais A Rahman - Hasanuddin - Kom Yos Sudarso - Jembatan Nipah Kuning - Kom Yos Sudarso - Tebu - Martadinata - Jeranding - H Rais A Rahman - Merdeka - Jendral Urip - Nurali, dan kembali ke Dishub Kota Pontianak Jalan Alianyang.

“Ada beberapa sekolah yang dilalui BRT, mulai dari SD, SMP, hingga SMA/SMK. Untuk waktu operasional BRT, sementara ini jadwal operasional BRT hanya pada pagi hari. Nanti kami lihat ke depannya, kalau memang diperlukan, kami operasionalkan juga pada siang hari sesuai jadwal pulang sekolah,” jelas dia.

Trisna mengimbau kepada seluruh sekolah untuk mensosialisasikan adanya angkutan bus gratis bagi pelajar, sehingga mereka tidak perlu membawa kendaraan sendiri.

“Kami ingin mencegah agar siswa yang belum memiliki SIM, tidak mengendarai kendaraan bermotor ke sekolah,” ucap Yuli Trisna Ibrahim.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024