Tokoh masyarakat Kecamatan Badau Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat Heny Sudayat menitipkan harapan untuk Presiden Prabowo Subianto untuk memperkuat pembangunan infrastruktur dan ekonomi di perbatasan Indonesia dan Malaysia di daerah tersebut.

"Pak Prabowo dan Gibran semangat baru bagi kita warga Indonesia terlebih lagi keberlanjutan pembangunan di berbagai bidang terutama infrastruktur dan pembangunan ekonomi perbatasan," kata Heny Sudayat, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Senin.

Sudayat menyampaikan perhatian pembangunan daerah perbatasan masih perlu perhatian serius dan lebih ditingkatkan agar tidak terjadi kesenjangan sosial dengan negara tetangga.

Ia mengatakan program Nawacita dari presiden sebelumnya perlu dilanjutkan terutama pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan pararel perbatasan dari arah Badau hingga Kecamatan Puring Kencana yang merupakan daerah perbatasan paling ujung di wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

Menurutnya, potensi ekonomi di perbatasan sangat penting ditunjang dengan infrastruktur jalan dan jembatan yang memadai, begitu juga sektor pendidikan dan kesehatan.

"Pembangunan daerah perbatasan masih memerlukan perhatian serius untuk melanjutkan pembangunan sebelumnya, hal ini demi memperkuat harkat dan martabat NKRI di perbatasan sebagai beranda depan bangsa Indonesia," katanya.

Sudayat mengaku warga perbatasan di Kapuas Hulu salah satu yang mengantarkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia sebab dianggap mampu melanjutkan dan memperkuat pembangunan di daerah perbatasan.

Ia menuturkan pembangunan di era kepemimpinan Joko Widodo sangat dirasakan oleh masyarakat perbatasan khususnya Kecamatan Badau.

Akan tetapi, infrastruktur jalan dan jembatan dan sektoral pembangunan lainnya Badau-Puring Kencana masih perlu mendapatkan perhatian serius.

Diketahui, lima kecamatan perbatasan di Kapuas Hulu yaitu Kecamatan Embaloh Hulu, Batang Lupar, Badau, Empanang dan Kecamatan Puring Kencana.

"Saya rasa itu harapan besar kami di perbatasan agar perhatian pembangunan lebih ditingkatkan lagi untuk memperkuat harkat dan martabat bangsa Indonesia," ucap Sudayat.

Sudayat juga menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian Presiden Joko Widodo sebelumnya yang telah menyentuh pembangunan di perbatasan.

"Pembangunan tersebut hendaknya jangan terhenti, kami minta Pak Prabowo dan Gibran lebih meningkatkan lagi yang tentunya untuk kedaulatan NKRI," kata Sudayat menitipkan harapan masyarakat perbatasan ke Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka yang baru saja dilantik pada 20 Oktober 2024.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024