Senin, 21 Agustus 2017

Mempawah Expo 2017 Jadi Solusi Masalah Dunia Usaha

id mempawah, mempawah expo, Mempawah Expo 2017 Jadi Solusi Masalah Dunia Usaha
Mempawah Expo 2017 Jadi Solusi Masalah Dunia Usaha
Seorang pejabat di Pemkab Mempawah, sedang meninjau salah satu stan di Mempawah Expo 2017. (Foto Antara Kalbar/Aries Zaldi)
Mempawah (Antara Kalbar) – Mempawah Expo 2017 yang dipusatkan di kompleks Stadion Opu Daeng Manambon, di Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah pada tahun ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Wakil Bupati Mempawah, Gusti Ramlana, tahun ini Mempawah Expo lebih mengetengahkan sebuah pameran dagang untuk memberi ruang kepada pelaku usaha untuk dapat memamerkan serta mendemonstrasikan produk dan layanan terbaru mereka.

"Pameran juga bermanfaat untuk mempelajari aktivitas pesaing, mengikuti tren, dan mencari peluang usaha baru," kata Gusti Ramlana, di Mempawah, Kamis.

Sejumlah masalah yang masih dihadapi para pelaku usaha,  terutama pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), seperti kurangnya akses terhadap pasar, permodalan, pengembangan teknologi informasi, dan pengembangan sumber daya manusia.

Semua itu, menurut Gusti Ramlana akan berpengaruh pada rendahnya produktivitas dan daya saing usaha kecil dan menengah.

"Permasalahan tersebut menjadi hambatan yang berat dalam perekonomian global yang kompetitif. Karena itu, mudah-mudahan Mempawah Expo dapat menjadi alternatif solusi bagi permasalahan-permasalahan yang dihadapi dunia usaha," ujarnya.

Dirinya berharap Mempawah Expo 2017 bermanfaat sebagai wadah untuk menggali dan mengembangkan seluruh potensi sumber daya yang ada. Termasuk unsur kreativitas masyarakat agar dapat menghasilkan sesuatu yang kreatif, inovatif, dan berdaya saing. Dengan begitu, Kabupaten Mempawah akan memiliki produk-produk unggulan yang dikenal secara luas.

Sementara, Pelaksana tugas Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Mempawah, Kurdiah, mengatakan Mempawah Expo 2017 merupakan kali ke-3 terkait HUT perubahan nama Kabupaten Pontianak menjadi Kabupaten Mempawah.

Mempawah Expo akan berlangsung selama lima hari mulai 1-5 Agustus. Setiap malam selama kegiatan berlangsung, akan digelar panggung hiburan yang dimeriahkan berbagai atraksi kesenian, hiburan, dan ragam budaya.

"Puncaknya pada malam penutupan akan hadir penyanyi top ibu kota, Rita Sugiarto dan penyanyi muda yang tengah naik daun, yakni Aulia DA 4 asal Kota Pontianak," ujarnya.

Dalam kegiatan Mempawah Expo 2017 itu sebanyak 81 stan turut ambil bangia. Terdiri atas stan organisasi perangkat daerah, instansi vertikal, BUMN dan BUMD, organisasi kemasyarakatan, perguruan tinggi, dan swasta, serta UMKM.

Selain gelar pameran pembangunan. Perhelatan Mempawah Expo 2017 semakin semarak karena dirangkaikan dengan partisipasi aneka hiburan rakyat, seperti aneka wahana permainan anak-anak yang dikelola pihak swasta.

"Ini sebagai apresiasi dan motivasi kepada seluruh peserta pameran. Tentu saja panitia akan mengadakan lomba stan terbaik dan akan memilih enam stan terbaik. Hadiahnya berupa tropi, piagam, penghargaan, dan uang tunai berjumlah total Rp21 juta," jelas Kurdiah.

(Aries/N005)

Editor: Nurul Hayat

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0128 seconds memory usage: 0.36 MB