Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Bupati Kabupaten Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengatakan berbagai sisi perekonomian yang terus bergerak telah menunjukkan pertumbuhan ekonomi di Kubu Raya meningkat sebesar 6,23 persen di tahun 2011.

"Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kubu Raya pada tahun 2011 itu lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 5,87 persen, dengan kontribusi terbesar dari sektor bangunan yang mencapai 26,44 persen dan sektor pengangkutan serta komunikasi mencapai 8,02 persen," kata Muda di Sungai Raya, Kamis.

Dia mengatakan, secara regional di Provinsi Kalimantan Barat, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kubu Raya menempati urutan kedua tertinggi setelah Kabupaten Ketapang sebesar 7,51 persen.

Untuk struktur perekonomian Kabupaten Kubu Raya sampai dengan tahun 2011 masih di dominasi Sektor Industri Pengolahan, Sektor Pertanian dan Sektor Perdagangan, hotel dan restoran.

Dari ketiga sektor tersebut yang terbesar memberikan kontribusi terhadap perekonomian Kabupaten Kubu Raya adalah sektor Industri Pengolahan sebesar 45,90 persen terhadap total Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

Dia optimistis, melihat dari pertumbuhan ekonomi yang terjadi, pada tahun 2012 hal itu tentu bisa semakin ditingkatkan.

"Jika itu meningkat, tentu pertumbuhan ekonomi di Kubu Raya juga bisa lebih dimaksimalkan," kata Muda.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012