Masih Ada Orang Gila Dipasung

Kamis, 17 Mei 2012 7:31 WIB

Pandeglang (ANTARA Kalbar) - Pada jaman sekarang ternyata masih ada saja orang gila dipasung ketimbang diserahkan ke dokter untuk diobati. Koordinator Relawan Anti Pasung Pandeglang, Mei Wijaya, menjelaskan, "Saat ini pemasungan terhadap orang gila atau orang yang mengalami ganggung jiwa masih terjadi di berbagai tempat, termasuk di Pandeglang."

Pemasangungan itu, kata dia di Pandeglang, Rabu, dilakukan karena berbagai faktor, di antaranya kemiskinan yang dialami keluarga korban, yang tidak mampu membawa orang gila tersebut ke rumah sakit jiwa.

Selain itu, kata dia, juga karena ketidaktahuan serta ketakutan dari keluarga, karena korban sering mengamuk sehingga khawatir melukai diri sendiri dan mencelakakan pada orang lain.

"Karena khawatir melukai orang lain, pihak keluarga biasanya langsung mengambil tindakan untuk memasung korban," katanya.

Mei juga memperkirakan, orang yang mengalami gangguan jiwa saat ini mencapai satu persen dari jumlah penduduk, dan berdasarkan catatan tak resmi diperoleh data sedikitnya terdapat 20.000 kasus pemasungan akibat penyakit jiwa di indonesia.

"Pasung inilah yang sekarang sedang diperangi melalui kampanye nasional Indonesia Bebas Pasung pada tahun 2014," katanya.

"Selama ini sudah banyak orang gila yang kita tangani dan bisa disembuhkan secara total, sehingga bisa kembali bekerja dan beraktivitas seperti orang normal lainnya," katanya.

(S031/E001)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012

Terkait

Ponsel Berkamera Tidak Baik Untuk Anak-Anak

Senin, 24 Desember 2012 8:26

Mau Awet Muda, Ikuti Empat Kebiasaan Ini

Senin, 17 Desember 2012 8:47

Buku Resep Ala Manga 'One Piece'

Rabu, 12 Desember 2012 9:32
Terpopuler