Pontianak (ANTARA Kalbar) - Calon Gubernur Kalimantan Barat, Abang Tambul Husein menyatakan siap mewujudkan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kalbar dengan memanfaatkan pluralisme yang ada di provinsi itu.

"Kami akan terus memperjuangkan pembangunan Kalbar. Dalam era reformasi saat ini, kita berjalan terlalu jauh dan tidak jelas, dimana banyak karakter anak bangsa dan Kalbar khususnya masih mengambang," katanya di Pontianak, Senin.

Menurutnya, banyak potensi yang dimiliki Kalbar, namun salah satu yang paling menonjol adakah kultur masyarakat yang pluralisme.

"Pluralisme itu menjadi figura penting dalam pembangunan karena dengan keberagaman itu justru menjadi salah satu kekuatan Kalbar untuk membangun daerah. Dengan keberagaman tersebut kita yakin bisa menjadi kekuatan untuk membawa Kalbar lebih baik ke depannya," tuturnya.

Mantan Bupati Kabupaten Kapuas Hulu selama dua periode tersebut mengatakan, untuk menunjukkan pluralisme tersebut harus dimulai dari pimpinan.

Tambul Husein mengadakan jumpa pers terkait pencalonannya dalam Pilkada Kalbar 2012, bersama calon pasangannya calon wakil gubernur Pendeta Barnabas Simin.

"Dan kami mengklaim bahwa kami ini adalah pasangan yang pluralisme. Karena, saya memilih saudara Barnabas sebagai wakil setelah melakukan analisa mendalam, karena saya membutuhkan wakil yang mampu memimpin bukan buruh pelabuhan, dimana pemimpin itu mampu mempersatukan seluruh komponen yang ada di Kalbar," katanya.

Tambul juga mengatakan, jika tidak terpilih nanti dia sudah siap. Pasalnya dia sudah sadar secara moral, karena dalam sebuah pertandingan ada yang menang dan ada yang kalah.

"Itu juga kita lakukan agar demokrasi di Negara ini bisa lebih baik. Jika kita berani maju kita juga berani kalah," katanya.

Mengenai koalisi partai yang mendukungnya, dia yakin partai yang mengusung itu adalah orang-orang yang berpengalaman dan bisa konsisten dalam mengusung calonnya.

"Kami juga akan berupaya untuk memelihara sistem koalisi ini dengan baik agar tidak ada partai yang merasa tidak di perhatikan dan sebagainya. Dan kami yakin partai ini sudah solid untuk maju bersama kita dalam momen pilkada nanti," kata Tambul.

Di tempat yang sama, calon Wagub Kalbar Barnabas Simin mengatakan, meski usia mereka sudah tidak Muda lagi, namun dipastikan mereka masih mampu untuk memimpin Kalbar.

"Kita memang tidak muda lagi, namun semangat kami lah yang masih muda untuk memperjuangkan dan mewujudkan pembangunan di Kalbar. Dan dalam hal ini, kita akan mengedepankan, pluralisme, ekonomi kerakyatan, dan konsep wisata, serta memupuk keimanan dan ketakwaan masyarakat dalam merapikan berbagai permasalahan yang ada di provinsi ini," kata Barnabas.

(pso-171)

 

Pewarta:

Editor : Jessica Wuysang


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012