Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Credit Union Muara Pesisir di Kalimantan Barat, menargetkan peningkatan aset menjadi Rp20 miliar pada akhir tahun 2012.

"Aset kami sudah R17 miliar dan ditargetkan meningkat menjadi Rp20 miliar hingga akhir tahun ini," kata Kepala CU Muara Pesisir Kalimantan Barat, Agus Rahman, di Sungai Raya, Rabu.

Dia menjelaskan, sampai saat ini, perputaran keuangan di CU tersebut mencapai 70 hingga 80 persen dari jumlah aset senilai Rp20 miliar. Hal tersebut akan terus ditingkatkannya dengan berbagai terobosan, baik dari sisi perekrutan nasabah maupun program-program tabungan yang terus diperbaharui.

"Jumlah nasabah kami, sudah 4.000 lebih dengan pertumbuhan nasabah 500 orang per tahun, namun kami prediksikan akan terus meningkat karena banyak warga masyarakat yang sudah mengajukan untuk bergabung," tuturnya.

Dalam menarik minat nasabah untuk bergabung dalam CU tersebut, pihaknya mencoba membuat jenis. Produk tabungan yang benar-benar diperlukan masyarakat.

Selain tabungan investasi, CU Muara Pesisir juga menawarkan produk tabungan anak sekolah, tabungan ibadah qurban dan tabungan usaha.

"Memang banyak CU di Kalbar, namun CU Muara Pesisir sedikit berbeda. Pasalnya, kami menyediakan tabungan untuk ibadah kurban dan beberapa produk andalan lainnya," kata Agus.

Dia menyatakan, selama ini CU memang identik dengan pengelolaan keuangan oleh satu etnis dan agama tertentu. Namun dia menyatakan, hal itu tidaklah benar, karena CU dibentuk untuk membantu warga masyarakat mengelola perekonomian mereka.

"CU Muara Pesisir memang satu-satunya yang dikelola oleh sebagian besar Muslim. Namun demikian, bukan berarti nasabah kami semuanya Muslim karena banyak juga dari nasabah kita dari saudara kita yang beragama lain," kata Agus.

(pso-171)

 

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012