Bogor (ANTARA Kalbar) - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengimbau pihak swasta untuk terus menggiatkan penanaman pohon yang tidak hanya sebagai gerakan seremonial semata melainkan gerakan nyata didukung dengan upaya pelestarian.

"Peran swasta mengurangi emisi ini sangat penting dan strategis, oleh karena itu gerakan penanaman 1 miliar pohon terus dilaksanakan baik oleh pemerintah maupun swasta," kata Menteri saat mengikuti kegiatan Astra hijaukan Bogor Eco Edu Forest Babakan Madang, Sentul dengan 550.000 pohon, Rabu.

Menteri menyebutkan, sejak gerakan penanaman 1 miliar pohon dicanangkan 2010, hingga kini berkat partisipasi seluruh elemen masyarakat, baik swasta, dunia pendidikan, LSM, lembaga donor, TNI-Polri maupun lembaga tinggi negara yang ikut menanam dan memelihara lingkungan telah melestarikan sumber daya alam.

Program penanaman 1 miliar pohon yang dicanangkan Kementerian Kehutanan pada tahun 2010 berhasil menanam 1,39 miliar batang pohon di seluruh Indonesia.

Sedangkan pada 2011 jumlah tersebut mengalami peningkatan signifikan menjadi 1,7 miliar pohon yang telah di tanam oleh seluruh masyarakat Indonesia.

"Kepada swasta, saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya karena sejak memasuki dekade 2010 mulai menjadi trend di kalangan swasta, baik perusahaan nasional, maupun multinasional untuk menyalurkan dana tanggung jawab sosial untuk program berbasis penyelamatan lingkungan,' kata Menteri.

Lebih lanjut menteri mengatakan, pemerintah berani berkomitmen untuk menurunkan emisi sebesar 26 persen dengan upaya sendiri.

Menurut Menteri, pemerintah berani berkomitmen sebesar itu, mengingat dampak yang ditimbulkan pemanasan global sudah nyata seperti banjir, puting beliung yang telah menyebabkan menurunnya keanekaragaman hayati.

"Oleh karena itu, komitmen harus didukung oleh semua stakeholder agar terjadi sinergitas yang baik dan berkelanjutan," kata Menteri.

(KR-LR)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012