Denpasar (ANTARA Kalbar) - Berbagai gerakan dalam latihan olahraga yoga dinilai bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari sakit tingkat ringan, bahkan sakit yang mendera organ vital dalam tubuh.

Ratnesha selaku instruktur yoga dari Ananda Marga Yoga di Denpasar, Sabtu, mengatakan, gerakan mudra yang dilakukan dalam praktik yoga sangat membantu mengurangi bahkan menghilangkan masalah pencernaan.

"Gerakan yoga mudra dilakukan dengan teknik kaki disilang, kemudian tangan dibelakang, dan kepala secara perlahan ditundukkan. Gerakan seperti itu bagus untuk mengatasi masalah pencernaan," katanya dalam Seminar Yoga, Herbal, dan Penyembuhan Alami itu.

Menurut dia, ada bermacam-macam gerakan lain yang tak kalah pentingnya, seperti gerakan tangan dan kaki yang dinilai bagus untuk mengatasi penyakit ginjal.

Apabila dilakukan secara teratur yakni dua kali dalam sehari, yakni pagi dan sore selama 30 menit maka kesehatan bisa dijaga.

Yoga, menurut pelatih yang mendapatkan ilmu yoga dari sebuah akademi di India itu, sebaiknya diajarkan sejak dini kepada anak karena tubuh perlu ditata agar hormon bergerak aktif pada saat muda.

Dia menyarankan agar anak minimal usia lima tahun sudah cukup untuk diajarkan yoga.

Yoga dinilai tidak hanya bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit tersebut, tetapi juga untuk mengatasi penyakit kencing manis, pernapasan, ginjal, menjaga vitalitas tubuh, meningkatkan konsentrasi, hingga menumbuhkan rasa percaya diri.

Tidak hanya kalangan usia berumur, anak-anak muda berusia 17 hingga 30 tahun di Denpasar pun kini sudah banyak belajar yoga pada sanggarnya.

"Kini sudah banyak generasi muda yang menggeluti yoga karena mereka telah sadar akan mahalnya kesehatan," tambahnya.

Sementara menurut instruktur yoga lainnya, Harinatha mengungkapkan bahwa selain mengajarkan mengenai olah tubuh dan gerak napas, dalam yoga juga diajarkan mengenai pola makan dan minum yang baik bagi tubuh.

"Tidak hanya mengenai kesehatan, yoga juga penting untuk menenangkan pikiran, dan melalui meditasi mendekatkan diri kepada Sang Pencipta," katanya.

Salah seorang peserta seminar yang juga kerap melakukan yoga, Yuniati mengakui manfaat baik yoga bagi kesehatannya.

"Sejak ikut latihan yoga, sakit pada perut saat mengalami haid kini tidak pernah muncul lagi," katanya.

Wanita satu anak itu mengaku selain sakit pada perutnya bisa diatasi, secara bertahap, dirinya merasakan semangat dan konsentrasi dalam bekerja.
    
(PSO-330)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012