Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengajak seluruh masyarakat untuk memaknai hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan sebuah semangat untuk lebih produktif.

"Kita harus berupaya terus untuk menjadikan kemerdekaan itu benar-benar di rasakan seluruh masyarakat. Ini juga menjadi motivasi dari pemerintah untuk bisa jauh lebih membuat kebijakan yang berpihak, berkeadilan kepada masyarakat, karena kita ingin supaya nilai-nilai kegotongroyongan dan budaya yang baik dan positif tetap dipertahankan," kata Muda, usai memimpin upacara peringatan detik-detik proklamasi dan HUT RI ke-67, Jumat, usai melaksanakan upacara kemerdekaan di halaman Kantor Bupati Kubu Raya.

Muda menuturkan upacara detik proklamasi yang dilakukan pihaknya tersebut bukan untuk gagah-gagahan, parade atau unjuk sesuatu, tapi harus melihatnya dari sisi substansi yaitu refleksi,merenungkan.

"Kita diwariskan oleh pendahulu kita, sekarang kita juga harus mewariskan untuk generasi ke depan. Itu yang menjadi tantangan untuk kita saat ini, apakah kita harus mewariskan sesuatu yang keterbelakangan atau sesuatu yang justru nantinya akan menjadi sebuah kemajuan," tuturnya.

Menurutnya hingga saat ini, bangsa Indonesia tidak akan pernah berhenti berjuang dalam artinya untuk terus bisa membuat bangsa Indonesia menjadi lebih baik lagi.

"Kita sebagai rakyat, komponen bangsa ini ingin agar bangsa ini lebih bermartabat di mata dunia, tentu kita maknai untuk membangun generasi yang berkarakter dan unggul. Memaknainya adalah motivasi kita untuk selalu membuat masyarakat bersemangat, termasuk generasi muda supaya semangat tidak pernah padam, tidak pernah pesimis, tapi punya semangat bahwa bangsa indonesia harus menjadi bangsa yang lebih dari bangsa-bangsa lain," katanya.

"Jadi ini yang harus kita yakin bahwa dengan keragaman seperti Indonesia harusnya menjadi bangsa yang lebih unggul dari bangsa lain. Persoalannya adalah dari karakternya, apakah bisa unggul, itu yang akan kita kejar supaya kita bisa membuat bangsa ini jadi lebih cepat berkembang dan bisa mengejar bangsa lain dan tidak ketergantungan dan bisa menjadi bangsa yang mandiri," kata Muda yang genap berusia 42 tahun di hari yang sama pada peringatan 17 Agustus tahun ini.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012