Pontianak (ANTARA Kalbar) - Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, akan menggelar Operasi Mantap Praja Pengamanan pemilihan kepala daerah tahun 2012, di Jalan Rahadi Oesman Pontianak, Rabu (29/8) .

"Kami akan menggelar Operasi Mantap Praja Pengamanan Pilgub Kalbar yang diawali dengan gelar pasukan di Jalan Rahadi Oesman Pontianak," kata Kepala Bidang Humas Polda Kalbar Ajun Komisaris Besar (Pol) Mukson Munandar di Pontianak, Senin.

Ia menjelaskan, gelar pasukan tersebut digelar untuk melihat secara langsung kesiapan Polda Kalbar dalam mengamankan Pilgub Kalbar 2012.

"Mudah-mudahan Pilgub Kalbar berjalan dengan aman, lancar dan sukses sehingga proses demokrasi di Kalbar berjalan dengan baik," ujar Mukson.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalbar, telah menetapkan jadwal kampanye Pilgub Kalbar pada 3-16 September mendatang.

"Untuk mempersiapkannya, telah dilakukan rapat koordinasi membahas jadwal dan pelaksanaan kampanye itu," kata Ketua Pokja Kampanye KPU Kalbar Sofiati.

Dalam jadwal kampanye disepakati bahwa lokasi kampanye dibagi dalam empat zona yaitu Zona 1 meliputi Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Pontianak, Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara.

Yakni, Zona 2 meliputi Kota Singkawang, Kabupaten Sambas, Kabupaten Bengkayang, kemudian zona 3 meliputi Kabupaten Landak, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sekadau, zona 4 meliputi Kabupaten Melawi, Kabupaten Sintang, Kabupaten Kapuas Hulu.

Pasangan calon nomor urut 1 akan memulai kampanye di zona 4, pasangan calon nomor urut 2 akan memulai kampanye di zona 1, kemudian pasangan calon nomor urut 3 akan memulai kampanye di zona 2 dan pasangan calon nomor urut 4 akan memulai kampanye di zona 3.

Sementara hari pertama kampanye yaitu tanggal 3 September akan diadakan di Gedung DPRD Provinsi Kalimantan Barat dalam bentuk penyampaian visi, misi dan program pasangan calon di hadapan Rapat Paripurna DPRD Provinsi Kalimantan Barat.

Sedangkan waktu pelaksanaan kampanye dalam bentuk debat publik masih tentatif dan akan dipastikan dalam waktu dekat.

(A057)

 

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012