Pontianak (ANTARA Kalbar) - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Cornelis-Christiandy Sanjaya menyatakan salah satu program prioritas mereka jika terpilih kembali menjadi gubernur Kalimantan Barat pada pemilihan kepala daerah tahun 2012, adalah mewujudkan pemerataan pembangunan.

"Pemerataan pembangunan baik itu di wilayah pedalaman, perbatasan, pesisir, maupun kepulauan untuk mengurangi kesenjangan pembangunan," kata Cornelis saat penyampaian visi, misi dan program pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalbar di gedung DPRD setempat di Pontianak, Senin.

Cornelis menyatakan, kata kunci dari percepatan dan keberlanjutan pembangunan Kalbar 2013-2018 adalah terformulasikannya sejumlah agenda prioritas pembangunan.

Agenda prioritas pembangunan itu meliputi peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan produktivitas, peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan ilmu pengetahuan dan penyerapan teknologi secara terintegrasi, mendorong keterlibatan dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan, peningkatan ketersediaan sarana dan prasarana publik dan penerimaan daerah, mewujudkan keamanan iklim berusaha dan ketertiban kehidupan masyarakat serta jaminan kepastian hukum dan mewujudkan pemerataan pembangunan di wilayah pedalaman, perbatasan, pesisir dan kepulauan untuk mengurangi kesenjangan pembangunan.

Sementara visi dan misi pembangunan Kalbar 2013-2018 yang ditawarkan pasangan incumbent (pejabat kini) itu adalah "Mewujudkan masyarakat Kalbar yang beriman, sehat, cerdas, aman berbudaya dan sejahtera".

Untuk mencapai visi itu, maka misi yang akan dilaksanakan meliputi peningkatan sistem pelayanan dasar dalam bidang sosial, kesehatan, pendidikan, agama, keamanan dan ketertiban melalui sistem kelembagaan manajemen yang efisien dan transparan.

Kemudian meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia, melaksanakan pemerataan dan keseimbangan pembangunan secara berkelanjutan untuk mengurangi kesenjangan antarwilayah dengan tetap memperhatikan aspek ekologi dalam pemanfaatan sumber daya alam.

Mengembangkan sumber daya lokal, jaringan kerja sama antara pemerintah daerah dengan pihak swasta, peningkatan kemampuan kapasitas dan akuntabilitas aparatur pemerintah daerah, menegakkan supremasi hukum, meningkatkan keadilan sosial dan perlindungan hak asasi manusia, memperluas lapangan kerja dan usaha berbasis ekonomi kerakyatan. Kemudian melaksanakan peningkatan pembangunan infrastruktur dasar guna memperlancar mobilitas penduduk dan arus barang, serta melaksanakan pengendalian dan pemanfaatan tata ruang dan tata guna wilayah sesuai peruntukan dan regulasi.

Pasangan Cornelis-Christiandy merupakan pasangan urut satu. Pasangan ini diusung PDI Perjuangan, Partai Demokrat, PIB, Partai Buruh, PKB, PDS, dan Partai Marhain.

Saat penyampaian visi, misi dan program kerja di depan para anggota DPRD Kalbar, tokoh masyarakat, pejabat pemerintah, anggota musyawarah pimpinan daerah, simpatisan dan pendukung, Cornelis meminta simpatisannya tidak bersuara gaduh atau menimbulkan keributan.

Sehingga ketika ia menyampaikan visi, misi dan program kerja tersebut, para pendukungnya tetap duduk tenang di balkon atas ruang Balairung Sari gedung DPRD Kalbar.

Pasangan ini akan bersaing dengan tiga pasangan lainnya untuk menduduki kembali jabatan gubernur dan wakil gubernur Kalbar periode 2013-2018. Ketiga pasangan lainnya itu, yakni Armyn Alianyang-Fathan A Rasyid, Morkes Effendi-Burhanuddin A Rasyid, dan Abang Tambul Husein-Barnabas Simin.

(N005)



Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012