Kairo (ANTARA Kalbar) - Duta Besar RI untuk Aljazair Ahmad Niam Salim ditunjuk sebagai ketua merangkap juru bicara Komunitas ASEAN yang baru saja dibentuk di Aljazair.

Pembentukan Komunitas ASEAN di negara Arab Magribi itu diresmikan bertepatan dengan resepsi HUT ASEAN yang digelar di KBRI Aljer pada 18 September 2012, demikian siaran pers KBRI Aljer, Jumat.

Disebutkan, Komunitas ASEAN di Aljazair beranggotakan tiga negara ASEAN yang memiliki keduataan besar di negara tersebut, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Vietnam.

Dalam sambutannya, Dubes Niam Salim mengemukakan pentingnya menjalin kerja sama dan saling membantu antara organisasi kawasan demi terciptanya perdamaian dunia.

Pemerintah Aljazair menyambut hangat pembentukan Komunitas ASEAN tersebut dan berikrakan akan menjalin kerja sama yang saling menguntungkan.

"Pemerintah Aljazair lewat Kementerian Luar Negerinya siap menjalin kerja sama dengan Komunitas ASEAN yang lebih produktif," kata Direktur Jenderal Urusan Asia Pasifik Kementerian Luar Negeri Aljazair, Mohamed El Amine Derragui dalam sambutannya pada peresmian itu.

Hadir dalam acara tersebut kalangan pejabat Aljazair, para duta besar negara sahabat ASEAN di Aljazair dan beberapa organisasi asing di negara itu.

Resepsi HUT ASEAN ini dimeriahkan pertunjukan beragam seni budaya dari negara-negara ASEAN yang ada di Aljazair.

(M043)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012