Dehidrasi Akan Memperburuk Suasana Hati

Sabtu, 13 Oktober 2012 7:36 WIB

Jakarta (ANTARA Kalbar) - Suasana hati atau yang lebih dikenal dengan istilah 'mood' akan sangat dipengaruhi oleh jumlah air yang Anda konsumsi, kata ketua Kelompok Kerja Hidrasi Indonesia (IHWG), Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc.

"Berbagai penelitian sudah membuktikan, bahwa kurangnya cairan di dalam tubuh akan memberikan dampak buruk pada suasana hati seseorang," kata Saptawati ketika dijumpai Antara News usai jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Saptawati mengemukakan bahwa kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi jelas dapat mempengaruhi kondisi fisik dan psikis seseorang. "Dehidrasi yang mencapai 1,5 persen dari bobot pria dan 1,3 persen dari bobot perempuan, sudah bisa menyebabkan gangguan tingkat kerja kognitif dan suasana hati," ujar Saptawati.

Hal ini menurut Saptawati disebabkan oleh kurangnya cairan yang terkandung pada darah yang mengalir di pembuluh darah, menyebabkan darah menjadi mengental dan peredaran darah pun berjalan lebih lambat.

Saat peredaran darah menuju otak melambat, yang pertama kali terserang adalah bagian otak yang memiliki sensor pada daya kognitif dan perasaan.

"Itulah sebabnya, untuk mencegah suasana hati yang memburuk, cobalah untuk minum segelas air putih," imbuh Saptawati.

(M048)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012

Terkait
Terpopuler