Sungai Raya, Kalbar (ANTARA Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan mengalokasikan anggaran untuk penyelenggaraan pemilihan kepala daerah kabupaten tersebut pada APBD tahun anggaran 2013.

"Untuk alokasi anggaran dana pilkada memang sudah kita rencanakan dan sedang akan dibahas bersama lembaga legislatif pada penetapan APBD 2013. Untuk pengajuan anggaran pilkada dari KPU memang sudah kita terima, namun itu tentu perlu pembahasan lebih lanjut," kata Kepala DPKAD Kubu Raya, Yusran Anizam di Sungai Raya, Rabu.

Dia menjelaskan, dari pengajuan KPU Kubu Raya, anggaran untuk penyelenggaraan pilkada Kubu Raya yang akan dilaksanakan sekitar bulan September 2013 tersebut sebesar Rp17 miliar.

"Kalau dari kita, total pengajuan tersebut memang sudah sesuai jika dilihat dari keperluan penyelenggaraan pilkada bupati Kubu Raya di mana letak geografis Kubu Raya yang cukup sulit memang memerlukan anggaran besar untuk pelaksanaannya. Namun, kita tentu harus menunggu persetujuan dari DPRD Kubu Raya dan akan dibahas pada penetapan APBD Kubu Raya 2013 nanti," tuturnya.

Yusran mengatakan, dalam penganggaran dana Pilkada seyogyanya memang perlu dilakukan secara bertahap dan disisihkan pada beberapa kali anggaran. Namun, Pemkab Kubu Raya akan melakukan hal tersebut pada satu tahun anggaran, yakni 2013 mendatang.

"Saya rasa itu tidak ada masalah, tinggal menunggu pembahasannya saja," kata Yusran.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, mengajukan anggaran sebesar Rp17 miliar untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) di kabupaten itu pada tahun 2013.

"Total anggaran yang diajukan itu sudah termasuk pelaksanaan dua putaran dalam pesta demokrasi di Kubu Raya, termasuk biaya perkantoran, operasional, honorarium, logistik pemilu serta pelaksanaan putaran kedua," kata Ketua KPU Kubu Raya, Idris Maheru.

Idris mengatakan, pihaknya sudah mengajukan anggaran tersebut sejak tahun 2010.Dia mengatakan, karena total anggaran cukup besar, maka dapat diusulkan untuk dipersiapkan sedini mungkin meskipun dengan cara mencicil.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012