Pontianak (ANTARA Kalbar) - Pemerintah Kota Pontianak melalui Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi kota setempat, akan menggelar lomba karya tulis ilmiah tentang sejarah mulai November hingga Desember 2012 dan terbuka untuk umum.

"Lomba karya tulis ilmiah tentang sejarah ini kami gelar kerja sama dengan Balai Kajian Sejarah dan Nilai-nilai Tradisional Provinsi Kalimantan Barat," kata Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Pontianak Abdul Hadi di Pontianak, Kamis.

Ia menjelaskan, lomba tersebut, dengan merekonstruksi sejarah dan budaya-budaya yang ada di Kota Pontianak dan Kalbar umumnya.

"Lomba ini kami gelar sebagai salah satu bentuk tanggung jawab Pemkot Pontianak guna meningkatkan kesadaran dan arti pentingnya arsip kepada masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ," ujarnya.

Ia berharap, dengan digelarnya lomba tersebut, bisa menjadi wadah yang dapat menampung dan meningkatkan minat masyarakat maupun mahasiswa untuk menulis, membuat karya mengenai kesejarahan dan kearifan lokal khususnya Kota Pontianak dan Kalbar umumnya.

Adapun tema lomba yakni, peran tokoh daerah dalam peristiwa sejarah lokal/daerah Kalbar, peristiwa-peristiwa sejarah yang terjadi di tingkat daerah Kalbar, sejarah kelembagaan yang terkait peristiwa sejarah lokal/daerah, serta budaya dan kearifan lokal/daerah Kalbar.

"Karya yang diikutsertakan dalam lomba harus orisinil dan belum pernah dipublikasikan," katanya.

Tahapan lomba karya tulis ilmiah ini terdiri dari pendaftaran dan penerimaan naskah tanggal 2-30 November, kemudian tahap penilaian juri direncanakan pada minggu pertama bulan Desember. Sedangkan pengumuman finalis pada 7 Desember 2012.

"Untuk presentasi lima karya terbaik dan sekaligus penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada 12 Desember ," kata Abdul Hadi.

Pemenang akan diberikan hadiah, mulai dari juara satu Rp2 juta, juara dua Rp1,5 juta, juara tiga Rp1,2 juta, juara empat Rp800 ribu, dan juara lima Rp500 ribu, serta mendapatkan piagam penghargaan.

Sistematika penulisan karya sesuai dengan metodelogi penelitian sejarah/budaya, makalah diketik dengan huruf times new roman 12 dengan kertas A4, jumlah halaman minimal 10 lembar.

"Paling lambat penyerahan karya tulisnya pada panitia 29 November 2012, yang dikirim melalui jasa pos, ke Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kota Pontianak," kata Abdul Hadi.

(A057)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012