Pontianak (ANTARA Kalbar) - Ribuan warga Muslim Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Kamis, melakukan pawai akbar menyambut tahun baru 1 Muharram 1434 Hijriyah.

"Pawai akbar ini kami lakukan guna meningkatkan tali silaturahim sesama umat Muslim di Kota Pontianak," kata Wali Kota Pontianak Sutarmidji dalam sambutannya saat pelepasan pawai akbar di Pontianak.

Ia berharap acara serupa terus ditingkatkan dalam mengenalkan dan menggalakkan syiar Islam pada generasi sekarang.

Pawai akbar tersebut digelar oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pontianak bekerja sama dengan Pemerintah kota setempat dan remaja Masjid Mujahiddin dalam menyambut tahun baru Islam 1434 Masehi, 1 Muharram.

Ketua PHBI Kota Pontianak Syarif Ismail mengatakan, pihaknya setiap tahun menggelar pawai akbar dalam menyambut tahun baru Islam, yang sekaligus menggalakkan syiar Islam di Kota Pontianak.

Ia menjelaskan, pawai akbar tersebut digelar dalam dua kategori, yakni pawai dengan berjalan kaki dan menggunakan mobil hias yang diikuti oleh pengurus masjid, majelis taklim, pondok pesantren, pelajar, BUMN/BUMD dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Pontianak.

Peserta pawai mobil hias, yakni jenis kendaraan yang diikutsertakan yang dihiasi dengan nuansa Islami.

Peserta pawai akbar dinilai oleh tim juri untuk menentukan peserta terbaik. "Panitia menyediakan hadiah berupa uang tunai dan berbagai hadiah hiburan bagi peserta terbaik dalam pawai akbar tersebut," ungkapnya.

Pawai akbar tersebut mulai pukul 07.00 WIB di depan Kantor Wali Kota Pontianak, Jalan Rahadi Usman. Adapun rute yang akan ditempuh terbagi menjadi dua rute, untuk rute pejalan kaki dimulai dari depan Kantor Wali Kota, kemudian dilanjutkan ke Jalan Pak Kasih, Hasanuddin, Merdeka, Jenderal Urip, Jenderal Sudirman dan berakhir di depan kantor Wali Kota Pontianak.

Sementara, untuk rute pawai menggunakan mobil hias, yakni mulai dari depan Kantor Wali Kota, dilanjutkan ke Jalan Pak Kasih, Hasanuddin, H Rais A Rahman, Husein Hamzah, Dr Wahidin, Dr Sutomo, Sutan Syahrir, Sultan Syarif Abdurrahman, Ahmad Yani, Abdurrahman Saleh, Adi Sucipto, Imam Bonjol, Tanjungpura dan berakhir kembali di depan Kantor Wali Kota Pontianak.

Dalam kesempatan ituN Ketua PHBI Kota Pontianak mengucapkan terima kasih atas partisipasi umat Muslim kota itu yang dengan semangat mengikuti pawai akbar tersebut.

(A057)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012