Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - DPRD Kabupaten Kubu Raya Mustafa menilai potensi wisata alam yang ada di kabupaten itu masih belum bisa dioptimalkan dengan baik oleh dinas terkait.

"Untuk itu, kita harapkan, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan olahraga setempat bisa lebih meningkatkan kinerja dalam membenahi dan mengelola potensi wisata yang ada di kabupaten ini. Kita nilai selama ini tidak ada gebrakan yang dilakukan Disbudparpora Kubu Raya dalam meningkatkan potensi wisata di kabupaten ini," katanya di Sungai Raya, Minggu.

Menurutnya, dalam mengembangkan potensi wisata yang ada di kabupaten itu, dinas terkait tidak memiliki konsep yang jelas dan terkesan hanya mengikuti perkembangan yang terjadi tanpa bisa melahirkan terobosan-terobosan baru.

Mustafa mengatakan, sejauh ini dinas terkait hanya bisa melakukan pendataan, tanpa bisa menyajikan konsep yang jelas untuk pengembangan potensi pariwisata ke depan.

Olehkarena itu, Komisi D DPRD Kubu Raya meminta Disbudparpora Kubu Raya menyerahkan konsep yang jelas untuk pengembangan sektor pariwisata.

"Kita minta Disbudpora menyampaikan ke kita, konsep pengembangan pariwisata Kubu Raya," tegas Mustafa.

Seyogianya, menurut Mustafa, Disbudparpora tidak hanya mengandalkan alokasi dana dari APBD Kubu Raya untuk mengembangkan pariwisata, karena banyak alokasi lain yang dapat digali agar program kepariwisataan tidak stagnan.

"Sudah saatnya Disbudparpora memuali melakukan pembenahan awal untuk menjadikan Kubu Raya sebagai salah satu daerah wisata yang diminati wisatawan. Karena kita melihat begitu banyak potensi wisata di Kubu Raya yang bisa di kembangkan," ucapnya.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012