Pontianak (ANTARA Kalbar) - Wakil Gubernur Kalimantan Barat Christiandy Sanjaya meminta pemerintah kabupaten maupun kota membangun Bumi Perkemahan Pramuka sebagai tempat untuk mendukung aktivitas kepramukaan di daerah masing-masing.

"Adanya Bumi Perkemahan Pramuka, segala aktivitas kepramukaan yang berkaitan dengan pengenalan dan kecintaan terhadap terhadap alam dan lingkungan, dapat dilaksanakan secara maksimal," kata Christiandy Sanjaya saat Upacara HUT Pramuka di Pontianak, Selasa.

Menurut dia, pramuka memegang peranan penting dalam membangun karakter bangsa. Salah satu yang dilakukan adalah dengan revitalisasi gerakan pramuka. "Tujuannya untuk mengaktifkan kembali gugus depan sebagai ujung tombak gerakan pramuka," kata dia.

Gerakan pramuka, lanjut dia, selaku penyelenggara pendidikan kepramukaan mempunyai peran besar dalam membentuk generasi muda dan meningkatkan kecakapan kaum muda.

"Dua hal ini penting untuk menghadapi tantangan masa depan sesuai tuntutan perubahan lokal, nasional dan global," kata Christiandy Sanjaya.

Sedangkan berdasarkan aturan hukum, UU Gerakan Pramuka Pasal 11 menyebutkan bahwa pendidikan kepramukaan termasuk dalam jalur pendidikan non formal sebagai salah satu pilar dalam sistem pendidikan nasional..

"Pramuka diperkaya dengan pembentukan kepribadian yang berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup," katanya.

(T011)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012