Pontianak (ANTARA Kalbar) - Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Kalbar Kombes Pol Agus Riansyah mengatakan untuk alasan keamanan pada malam pergantian tahun akan menutup jalan utama yaitu jalan Gajahmada dan jalan Tanjungpura Pontianak yang semula dua arah menjadi satu arah.

"Kami akan mengubah alur jalan yakni jalan yang memiliki jalur kiri dan kanan akan menjadi satu arah saja seperti jalan Gajahmada dan Tanjungpura, begitu pula dengan jalan-jalan lainnya yang ada di Kota Pontianak," kata Agus Riansyah di Pontianak, Senin.

Saat pemberlakuan satu arah di ruas-ruas jalan yang sudah ditetapkan, Agus meminta kepada masyarakat untuk tidak parkir di badan jalan, karena dapat menyebabkan macet.

"Saya berharap masyarakat di Kota Pontianak membantu untuk meminimalisasi kemacetan dengan tidak parkir sembarangan," tegas Agus.

Dirlantas Polda Kalbar juga melakukan sistem buka-tutup di beberapa ruas jalan di Kota Pontianak. "Sistem buka-tutup jalan ini dilakukan untuk mengurai kemacetan yang terjadi pada malam pergantian tahun baru," kata Agus.

Diakui Agus, kemacetan yang terjadi pada malam pergantian tahun memang tidak bisa dihindari. Tetapi pihaknya sudah berupaya untuk meminimalisasi kemacetan yang akan terjadi.

"Berbagai persiapan sudah kami lakukan diantaranya dengan melakukan penyisiran jalan-jalan yang ada di Kota Pontianak," katanya.

(N005)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012