Pontianak  (Antara Kalbar) - Menteri BUMN Dahlan Iskan, Sabtu sore memberikan kuliah umum "Entrepreneurship dan Leadership" atau kewirausahaan dan kepemimpinan di Universitas Tanjungpura Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

"Leadhership bagi mahasiswa jurusan apapun sangat penting, karena akan membedakan mahasiswa yang `kutu buku` dan aktivis," kata Dahlan Iskan saat memberikan kuliah umum di Ruang Rektorat Untan Pontianak.

Mungkin mahasiswa yang "kutu buku" nilai akademisnya akan sangat tinggi, tetapi bagi mahasiswa aktivis, dia akan lebih matang, karena belajar "Leadhership" secara tidak langsung, karena setiap hari selalu menemui persoalan berbeda dan belajar untuk memecahkannya serta banyak berinteraksi dan bertemu orang lain.

Dahlan menjelaskan, dengan menyelesaikan setiap persoalan yang dihadapinya setiap hari, maka akan mematangkan dirinya (mahasiswa yang juga seorang aktivis itu).

Menjadi mahasiswa yang "kutu buku", pasti nilainya akan tinggi, tetapi hanya akan tinggi, tetapi mahasiswa aktivis, dia akan menjadi mahasiswa yang punya jiwa kepemimpinan sehingga lebih matang dibanding mahasiswa yang kutu buku, kata Dahlan disambut tepuk tangan oleh puluhan peserta kuliah umum tersebut.

"Itu pelajaran yang tidak bisa diperoleh di luar kampus, untuk pintar cukup membaca buku, tetapi untuk matangkan diri harus dilatih dalam memecahkan persoalan sesuatu persoalan," ujarnya.

Dahlan menambahkan, kenapa kematangan diperlukan, karena begitu lulus, seorang mahasiswa akan berintekraksi dengan orang lain, sehingga dirinya sudah terbiasa dan terlatih ketika aktif sebagai seorang aktivis saat menyelesaikan kuliahnya.

Sementara itu, Rektor Untan Pontianak Prof Dr Thamrin Usman, DEA menyatakan, terima kasihnya, atas kedatangan Menteri BUMN Dahlan Iskan dalam memberikan kuliah umum kepada mahasiswanya.

"Semoga dengan kehadiran beliau (Dahlan Iskan) bisa memberikan motivasi kepada mahasiswa Untan Pontianak untuk berjiwa kewiarusahaan dan kepemimpinan setelah mereka menyelesaikan kuliahnya nanti," kata Thamrin.

Thamrin berharap, dengan mengikuti kuliah umum tersebut, banyak yang bisa diambil hikmah dan contoh terkait jiwa kewirausahaan dan kepemimpinan dari sosok Dahlan Iskan.
(A057)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013