Jakarta (Antara Kalbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan memublikasikan data riwayat hidup (curriculum vitae) para calon anggota legislatif (caleg) DPR RI di situs laman bersamaan dengan pengumuman daftar calon sementara (DCS), kata Anggota KPU Pusat Hadar Nafis Gumay.

"Pengumuman itu akan kami rilis di situs resmi KPU pada saat pengumuman DCS. Kalau tidak terkejar dan memungkinkan, bisa setelahnya," kata Hadar ketika ditemui di kantornya di Jakarta, Jumat.

KPU telah menyosialisasikan rencana tersebut kepada partai politik dan para bakal caleg dengan memberikan lembar persetujuan jika CV mereka ditampilkan kepada khalayak.

Hadar mengatakan banyak bacaleg menyatakan setuju jika CV mereka ditampilkan di situs laman KPU, www.kpu.go.id, pada saat pengumuman DCS pada 13 Juni. Namun, ada juga bacaleg yang tidak bersedia data riwayat hidup mereka ditampilkan.

"Kami sudah memberikan lembar pernyataan yang berisi pilihan setuju atau tidak setuju. Bagi yang tidak memilih maka kami anggap setuju untuk di'publish'," ucapnya.

Proses verifikasi dokumen bacaleg DPR RI telah selesai dan DCS akan disampaikan ke masing-masing parpol pekan depan.

"Semua sudah diverifikasi dan Minggu (9/6) kami rapat pleno lalu Senin (10/6) akan kami sampaikan kepada parpol untuk dikoreksi jika ada kekeliruan pengejaan nama calon," tuturnya.

KPU juga akan meminta masukan kepada masyarakat terkait rekam jejak para caleg sebelum ditetapkan menjadi Daftar Caleg Tetap (DCT).

"DCS yang sudah ditetapkan belum pasti betul sebab masih sementara. Bisa saja dokumen (yang dilampirkan) asli tetapi isinya palsu, pernah dipidana tetapi tidak menyatakannya, atau juga pernah jadi pengurus parpol lain tetapi dicalonkan parpol lain lagi. Oleh karena itu perlu masukan dari masyarakat," jelasnya.

Usulan dan masukan dari masyarakat itu bisa membatalkan calon yang sudah terdaftar di DCS, sehingga parpol dapat mengajukan penggantian bacaleg.

Setelah itu, KPU menetapkan DCT pada 9 - 22 Agustus sebelum masa persiapan kampanye caleg dimulai pada 11 Januari 2013.

Pewarta: Fransiska Ninditya

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013