Surabaya (Antara Kalbar) - PT. Tupperware Indonesia menggelar aksi donor darah di 22 kota di Indonesia salah satunya dipusatkan di Royal Plasa, Surabaya, Sabtu.

Managing Director PT Tupperware Indonesia Nining W. Pernama, mengatakan, kegiatan itu untuk memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh tanggal 14 Juni.

Selain itu bertujuan menyampaikan pesan mengenai kebaikan donor darah, mengajak masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan mendukung kehidupan yang lebih baik bagi sesama.

"Kegiatan ini juga untuk membantu meningkatkan persediaan darah di PMI, menebarkan semangat kepedulian sosial, serta mengajak masyarakat menjadikan donor darah sebagai bagian dari gaya hidup sehat," katanya.

Menurut dia, kegiatan tersebut selaras dengan tema Hari Donor Darah se-Dunia yakni "A Drop for Hopes - 22 Kebaikan Donor Darah".

"Sesuai usia Tupperware Indonesia, kami menggelar kegiatan donor darah ini secara serentak di 22 kota di Indonesia dengan tujuan mengedukasi masyarakat umum mengenai 22 kebaikan donor darah," jelasnya.

Adapun 22 kebaikan donor darah, antara lain memperpanjang hidup orang lain, membantu menurunkan berat badan dan mencegah stroke, mengetahui golongan darah, memeriksakan kesehatan secara teratur, menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh, menurunkan risiko terkena penyakit jantung, membakar kalori dalam tubuh, membantu deteksi masalah kesehatan.

Selain itu menurunkan risiko kanker, mengontrol tekanan darah, mengurangi kolesterol, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat tubuh, mendapatkan kesehatan psikologis, menjaga kesehatan sistem peredaran darah, meningkatkan fungsi paru-paru dan ginjal, membuat hidup lebih bahagia, membantu sesama, menyehatkan tubuh, memperkaya cadangan darah yang dibutuhkan, menyegarkan tubuh, dan mempercepat penyembuhan luka.

Kegiatan donor darah ini juga didukung oleh komunitas Blood4Life, sebuah komunitas yang mewadahi para pendonor rutin yang siap sedia mendonorkan darahnya pada saat diperlukan.

Pendiri komunitas Blood4Life, Valencia Mieke Randa, menyatakan seandainya setiap orang Indonesia menyadari manfaat dan kebaikan donor darah dan melakukannya secara rutin, pasti lebih banyak lagi nyawa manusia yang terselamatkan dan PMI tidak akan kekurangan stok darah.
(T. Susilo)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013