Sungai Raya (Antara Kalbar) - Rumah Sakit Lanud Supadio menyatakan siap melayani Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

"Rumah Sakit (RS) Tingkat III Lanud Supadio akan naik statusnya menjadi RS Tingkat II karena saat ini kami sedang melakukan peningkatan fasilitas dan bangunan yang ada," kata Komandan Lanud Supadio Pontianak Kolonel Pnb. Ir. Novyan Samyoga di Sungai Raya, Jumat.

Novyan Samyoga mengatakan bahwa pihaknya sudah membahas hal itu dengan Pemkab Kubu Raya.

Ia mengatakan pembangunan RS Supadio itu sebagai bentuk totalitas pelayanan kesehatan bagi seluruh warga Lanud Supadio sekaligus masyarakat umum.

"Pembangunan rumah sakit dan Mako Lanud dalam rangka menuju Lanud Supadio menjadi tipe A. Dengan demikian, segala fasilitas kami perbaiki dan ditingkatkan," tuturnya.

Menurut dia, RS yang sedang dalam pembangunan menjadi tipe II akan meningkatkan jumlah rawat inap, fasilitas, dan lainnya.

"Di RS Lanud kami menerima pasien Jamkesda Kubu Raya sehingga akan meringankan dari masyarakat yang akan berobat. Kita juga sudah bekerja sama dengan Pemkab Kubu Raya dengan membangun sarana kesehatan yang diperlukan," katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Kubu Raya Muda Mahedrawan mengatakan bahwa kerja sama Jamkesda sudah bisa diterima di RS Tingkat III Lanud Supadio sejak 2011.

Terkait dengan pengembangan RS, dia mengatakan bahwa hal itu merupakan sebuah prestasi yang sangat baik karena Kubu Raya sendiri masih memikirkan pengembangan kesehatan.

"Dengan pengembangan RS Lanud Supadio, kami sangat senang, terlebih dengan diterimanya Jamkesda Kubu Raya di RS ini sehingga masyarakat Kubu Raya bisa berobat di RS Lanud Supadio," ungkap Muda.

Muda menuturkan, ketika RS Lanud Supadio terus berkembang, yang harus dilihat manfaatnya, bukan soal milik siapa.

"Kami akan masuk dengan mekanisme yang diperbolehkan, kami akan upayakan ada bangsal bagi masyarakat Kubu Raya yang sifatnya pelayanan Jamkesda," tuturnya.

Menurut dia, hal tersebut menjadi peluang besar bagi masyarakat kerjasama dan saling percaya, karena sasaran adalah masyarakat Kubu Raya. Pasalnya, dengan adanya pembangunan tersebut, masyarakat Kubu Raya menjadi lebih banyak yang tertampung.

"Kami juga bisa masukkan tenaga medis, misalnya perawat," katanya.

(D.Dj. Kliwantoro)

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013