Pontianak (Antara Kalbar) - Dewan Pariwisata Sarawak mengumumkan program kerja sebagai sukarelawan untuk gelaran musik "Asia Music Festival" yang akan digelar di Miri, Oktober 2013.

Gustino Basuan dari Dewan Pariwisata Sarawak, dalam keterangan tertulis di Pontianak, Selasa menyatakan, terbuka peluang bagi masyarakat setempat maupun internasional sebagai sukarelawan untuk datang dan berpartisipasi di berbagai hal terkait festival tersebut.

"Kami siap menerima banyak aplikasi permohonan untuk berbagai kegiatan penunjang seperti sebagai penghubung bagi artis yang akan tampil dan membantu penyiapan instrumen musik," kata dia.

Selain itu, peran sukarelawan juga terbuka untuk bidang pemasaran seperti berpartisipasi dalam promosi, membantu pengembangan paket-paket wisata, informasi, dan hubungan dengan media massa termasuk pengelolaan media centre.

"Juga untuk kerja di sekretariat, persiapan peralatan, dan transportasi, termasuk di pintu masuk," ujar Gustino.

Program sukarelawan itu dimaksudkan untuk mendukung operasional festival agar berlangsung lancar dan sukses. Mereka nantinya akan diminta berpartisipasi dan dilibatkan dalam banyak kegiatan yang disiapkan sebelumnya.

Ia mencontohkan saat kegiatan lain yang dihelat Dewan Pariwisata Sarawak seperti Rainforest World Music Festival atau Borneo Jazz, para sukarelawan memegang peranan sangat penting untuk membuat lancarnya acara. Sedangkan bagi para pelajar, program tersebut akan memberi pembelajaran yang penting.

Ia melanjutkan, bagi yang tertarik, dapat mengunduh aplikasi permohonan di website www.sarawaktourism.com. Ia menegaskan, pihak Dewan Pariwisata Sarawak tidak memungut biaya apapun dan bagi yang diterima akan diberitahu melalui email atau telepon.

Syarat bagi sukarelawan, berusia minimal 18 tahun dan siap bekerja secara 8 jam perhari dengan sistem bergantian. Beberapa aplikasi digunakan untuk kegiatan sebelum atau sesudah festival yang disesusaikan dengan kondisi.

Para sukarelawan akan mendapat akses bebas ke dalam festival, baju selama bertugas, serta konsumsi. Mereka juga akan mendapat pengalaman "di balik layar" ketika menjalankan tugas.

Menurut Gustino, mereka yang pernah menjadi sukarelawan di kegiatan-kegiatan sebelumnya berkomentar telah mendapat pengalaman yang tidak ternilai yang mendukung mereka dalam belajar memanajemen sebuah acara.

Gustino mengatakan, aplikasi permohonan akan ditutup pada 6 September 2013. "Kami berharap ribuan orang akan hadir di Miri untuk mendengarkan 10 grup musik di ajang perdana Asia Music Festival tersebut. Kami menjanjikan kemeriahan dan gabungan berbagai grup musik dari kawasan Asia," katanya.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013