Sungai Raya, Kalbar (Antara Kalbar) - Lima pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Kubu Raya menyampaikan visi dan misi di hadapan anggota DPRD dan masyarakat Kubu Raya, Senin.

Masing-masing pasangan calon dengan tegas menyampaikan visi misi yang sudah dipersiapkan untuk mencapai kemenangan di Pilkada Kubu Raya periode 2014-2019.

Salah satu pasangan calon bupati, Djohansyah memiliki visi melakukan pembangunan yang berbasis pedesaan, lebih maju, dan beradab. Tidak hanya itu, mereka juga berjanji untuk mewujudkan pemerintahan yang adil, transparan dan berwibawa.

"Kita akan meningkatkan pelayanan dasar dan derajat kesehatan masyarakat yang bermutu, merata dan terjangkau. Termasuk meningkatkan pemerataan penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah yang berkualitas dan terjangkau oleh semua lapisan masyarakat," kata Djohansyah, ketika melakukan penyampaian visi misi di DPRD Kubu Raya.

Djohansyah menuturkan pihaknya juga berjanji untuk mengoptimalkan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi masyarakat pedesaan, melalui pemberdayaan dan pemanfaatan potensi desa/kelurahan secara optimal dan tepat guna.

"Kita akan membangun sistem, sarana dan prasarana infrastruktur transportasi jalan darat dan angkutan sungai untuk memperlancar mobilitas perekonomian masyarakat pedesaan dan perkotaan," tuturnya.

Sementara itu, pasangan calon bupati nomor urut dua, Muda Mahendrawan dan Suharjo mengakui sampai saat ini masih banyak kekurangan dalam proses pemerintahan seperti banyak infrastruktur yang belum terbangun sepenuhnya. Untuk itu, pihaknya akan melanjutkan kembali berbagai program yang ada pada periode kepemimpinannya sebelumnya.

"Namun mesti diingat, pascadimekarkan dari kabupaten Pontianak sampai saat ini sudah banyak kemajuan dan prestasi yang didapat Kubu Raya. Demikian dengan berbagai program yang ada juga sudah sangat pro rakyat makanya kita akan melanjutkan kembali pembangunan yang sudah berjalan selama ini," kata Muda.

Calon bupati dari nomor urut tiga, Kamaruzzaman memiliki visi, mewujudkan Kubu Raya sebagai pusat pembangunan dan pertumbuhan ekonomi baru di Kalbar yang ditandai nilai-nilai budaya, agama, SDM yang sehat, cerdas, aman dan kelestarian lingkungan hidup menuju masyarakat Kubu Raya yang sejahtera.

"Misi kita untuk membuat kawasan pusat pembangunan baru yang dilandasi perencanaan tata ruang pembangunan daerah. Terwujudnya koordinasi pemerintahan yang baik, serta pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pendapatan masyarakat di semua lapisan," katanya.

Kamarazzuman juga memiliki misi untuk meningkatkan budaya positif yang dilandasi nilai-nilai luhur, adat istiadat serta nilai-nilai positif lainnya untuk memperkuat nilai-nilai positif di kalangan masyarakat dan birokrasi pemerintahan.

"Terwujudnya derajat ketakwaan masyarakat berdasarkan agama yang mereka anut dalam rangka meningkatkan kualitas moral, iman, takwa dan kerukunan umat beragama. Juga mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas, keamanan di seluruh daerah, serta kelestarian lingkungan hidup," kata Kamaruzzaman.

Pasangan nomor urut empat, David menyatakan pihaknya melihat banyak kekurangan dalam pembangunan di Kubu Raya terutama kurang efisiennya penggunaan APBD untuk pembangunan yang menyentuh masyarakat.

"Untuk itu, visi kami adalah untuk memanfaatkan APBD yang ada secara optimal dan mencari dana tambahan dari APBD dan APBD Kalbar untuk mempercepat pembangunan di Kubu Raya," kata David.

Sementara itu, pasangan nomor urut lima, Rusman Ali dan Hermanus menyatakan pihaknya siap untuk memberikan pendidikan dan kesehatan gratis yang sebenar-benarnya kepada masyarakat serta mendapatkan banyak bantuan dari APBN untuk mempercepat proses pembangunan.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Kubu Raya, Idris Maheru mengatakan pelaksanaan rapat paripurna tersebut sebagai wujud pelaksanaan keputusan KPU Kubu Raya nomor 2 tahun 2013 tentang tahapan, jadwal dan program pelaksanaan Pilkada Kubu Raya tahun 2013.

"Kita bersyukur bahwa rapat paripurna ini bisa dilaksanakan dengan lancar. Masing-masing pasangan calon juga dapat menyampaikan visi misi serta program kerjanya dengan jelas di hadapan anggota DPRD Kubu Raya," kata Idris.

Idris menjelaskan pelaksanaan penyampaian visi misi tersebut, juga pelaksanaan dari keputusan KPU Kubu Raya nomor 63 tahun 2013 tentang waktu dan tempat pelaksanaan kampanye.

"Tahapan ini sudah kita lewati, tinggal besok tanggal 2-14 September akan datang, masing-masing pasangan calon dapat berkampanye sesuai jadwal yang telah ditentukan," katanya. 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013