Sintang (Antara Kalbar) - Penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2013 akan dibuka September ini. Pendaftaran akan dimulai tiga hari lagi, tepatnya tanggal 13-28 September.

Sekda Sintang, Zulkifli HA mengungkapkan pendaftaran penerimaan CPNS serentak digelar seluruh Indonesia pada September ini. Untuk Kabupaten Sintang, SK penetapan formasi dan SK penetapan panitia sudah ada.

“Kami pun sudah memasang pengumuman sejak 9 September kemarin di media massa dan menempel pengumuman penerimaan CPNS tersebut di beberapa SKPD seperti di Dinas Pendidikan, RSUD Ade. M. Djoen, Dinas Kesehatan, BKD, Sekretariat Daerah dan website Pemkab Sintang,” ungkapnya.

Zulkifli mengatakan pelamar CPNS tidak perlu mendatangi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sintang untuk mengantarkan lamaran tapi lamaran dikirim melalui Kantor Pos yang dialamatkan kepada Bupati Sintang, PO BOX CPNSD No. 2013, Sintang. “Semua pelamar mendaftar melalui Kantor Pos. Ini untuk menghindari membludaknya pelamar karena sudah lama tidak dibuka penerimaan CPNS,” katanya.

Pendaftaran melalui Kantor Pos ini, lanjut Zulkifli, untuk mempermudah para pelamar yang berada di daerah kecamatan karena Kantor Pos tersebar di kecamatan-kecamatan.

Dikatakannya, penerimaan CPNS umum ini bersamaan dengan tes CPNS dari tenaga honorer kategori dua yang jumlahnya 713 orang. Untuk tes CPNS honorer kategori dua, soalnya berasal dari pemerintah pusat. Soalnya pun berbeda antar kabupaten sama seperti tes CPNS untuk umum.

“Dalam penerimaan CPNS kalinya, Pemda terima bersih sebagai penyelenggara saja. Pengawasan tes pun dari pemerintah pusat, KPK, BPK, LSM ICW dan lainnya,” ungkap Zulkifli.

Dia menegaskan pengawasan tes CPNS baik kategori dua maupun untuk umum akan sangat ketat. Tes CPNS untuk umum di Kabupaten Sintang akan menggunakan Lembaran Jawaban Komputer (LJK) dan tidak menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) karena Pemkab Sintang tidak mampu menyediakan fasilitas komputer. Di Kalbar hanya Kota Singkawang saja yang tes CPNS-nya menggunakan sistem CAT.

Untuk soal tes CPNS umum, lanjut Zulkifli, penggandaan soalnya memang diserahkan ke kabupaten/kota tapi untuk Kalbar termasuk Sintang karena tidak banyak percetakan yang mampu menggandakan soal maka penggandaan soal diserahkan ke Pemerintah Provinsi Kalbar.

Zulkifli mengatakan formasi penerimaan CPNS untuk umum sebanyak 204 orang. Dari formasi yang dibuka, sebagian besar merupakan formasi guru yaitu 55 persennya atau sekitar 112 orang. Formasi terbesar kedua yaitu tenaga kesehatan sebanyak 71 orang dan 21 orang untuk formasi tenaga teknis. Khusus formasi guru terbanyak ialah guru kelas yaitu sebanyak 70 orang.

Dia mengungkapkan masyarakat yang ingin mendaftar CPNS dapat melihat pengumuman pendaftaran dan persyaratannya di Sekretariat Daerah, Dinas Pendidikan, Badan Kepegawaian Daerah, Dinas Kesehatan dan RSUD Ade. M. Djoen. “Surat lamaran CPNS diterima panitia paling lambat tanggal 28 September 2013 pukul 14.00 dengan amplop yang harus berstempel atau cap pos,” ungkapnya.

Sementara itu, pengumuman calon peserta yang berhak mengikuti tes seleksi CPNSD dapat dilihat pada 1 Oktober 2013 melalui http://www.sintang.go.id, Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sintang dan Kantor Pos Sintang. pelamar yang dinyatakan memenuhi persyaratan administrasi akan diberikan nomor peserta ujian dengan jadwal pada 16 Oktober 2013, bagi pelamar tenaga guru dan 17 Oktober 2013, bagi pelamar tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

“Ujian tertulis akan dilaksanakan secara serentak seluruh Kalbar pada Minggu, 3 November 2013,” ungkapnya.

Pewarta: Tantra Nur Andi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013