Pontianak, 17/10 (Antara) - Tim Rekrutmen CPNS Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat tahun 2013 menyerahkan "master" soal ke Firma Muara Mas Pontianak yang akan mencetak lembar soal seleksi.

Penyerahan dilakukan di perusahaan yang terletak di Gang Nusa, Jalan HR A Rahman Pontianak, Kamis.

Sementara pembukaan master soal yang dibuat di pusat itu dilakukan secara tertutup di dalam salah satu ruangan dan tidak dapat dilihat atau diliput oleh jurnalis yang hadir.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalbar Robertus Isdius mengatakan, percetakan lembar soal dijamin kerahasiaannya.

"Setelah diserahkan ke perusahaan yang mencetak, maka jaminan kerahasiaan ada di mereka," ujar Robertus Isdius.

Pimpinan Firma Muara Mas, Iskandar M Said menegaskan siap dipenjarakan kalau terbukti secara sengaja membocorkan soal rekrutmen CPNS Tahun 2013.

"Saya siap menginap di sini, untuk menjaga kerahasiaan," ujar Iskandar.

Ia mengaku selama ini lebih banyak mencetak lembar soal untuk Ujian Nasional. "Sudah 34 tahun pengalaman kami untuk ujian nasional," ungkapnya.

Sedangkan untuk lembar soal rekrutmen CPNS, sebelumnya guna memenuhi seleksi dari Pemkab Kubu Raya.

Ia menambahkan, untuk pengawasan, setiap ruangan dilengkapi dengan CCTV. "Untuk karyawan, sekitar 20 orang yang akan membantu di sini," katanya.

Ia memperkirakan proses percetakan lembar soal akan membutuhkan waktu sepuluh hari hingga 12 hari.

Sebanyak 26.963 orang tercatat berhak mengikuti tes Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2013 di Provinsi Kalimantan Barat.

"Untuk rekrutmen di lingkungan Pemprov Kalbar, yang memenuhi syarat sebanyak 4.632 orang," kata Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, M Zeet Hamdy Assovie.

Ia melanjutkan, dari 14 kabupaten dan kota serta satu tingkat provinsi, ada daerah yang tidak melaksanakan rekrutmen yakni Kabupaten Kubu Raya.

Menurut dia, ada beberapa tahapan yang telah dilakukan untuk rekrutmen tersebut.

Dimulai dari pengumuman penerimaan di berbagai media massa. Penerimaan berkas pendaftar dilakukan pada 13 September - 28 September 2013.

Daftar nama pelamar yang memenuhi syarat, berdasarkan jenjang pendidikan termasuk dari atlet, pelatih serta penyandang difabilitas, disampaikan ke panitia seleksi pada tanggal 7 Oktober.

Kemudian, mereka yang dinyatakan lolos, harus mengambil kartu peserta ujian pada tanggal 10 Oktober hingga 17 Oktober.

Tes penerimaan dijadwalkan berlangsung pada tanggal 3 November 2013.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013