Sekadau (Antara Kalbar) - Wakil Bupati Sekadau Rupinus dan Ketua TP PKK Kabupaten Sekadau Ny. Scolastika Simon Petrus membuka secara resmi kegiatan pelayanan KB dan kesehatan di desa Tapang Pulau Kamis, (31/10).

Hadir dalam acara tersebut kepala kantor Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KB P3A) Honorius Bruno, Kadis Huptelinfobudpar Fendy, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Drs. Hironimus, Direktur Rumah Sakit Sekadau dr. Libra, Sekretaris Dinkes kabupaten Sekadau Dominika dan perwakilan para kepala dinas dan kantor di lingkungan pemerintah kabupaten Sekadau.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau Ny. Scolastika Simon Petrus dalam sambutannya mengatakan PKK KB Kes merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun bekerja sama dengan kantor KB dan Pemberdayaan perempuan dan anak, tujuannya adalah untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan cita-cita PKK, yang tertuang dalam sepuluh program pokok PKK.

 "Kegiatan KB-Kes ini merupakan program nasional, yang harus kita galakkan," ujar mantan tika ibu mantan bidan ini.

Scolastika menjelaskan, PKK merupakan organisasi yang bergerak dalam peningkatkan kesejahteraan keluarga, di mana salah satunya dengan program  KB Kesehatan ini. "Pelayanan KB-Kesehatan menjadi agenda rutin bagi PKK untuk membantu pemerintah," ujarnya.

Tika menuturkan bahwa peranan perempuan sangat diharapkan, dalam mengisi pembangunan dan aktif di masyarakat, sehingga bisa membantu menggalakan program-program strategis pemerintah dan membantu kesehatan masyarakat.

Sementara itu Wakil Bupati sekadau Rupinus menjelaskan bahwa Pencanangan Bulan Bhakti PKK KB-Kes tahun 2013, bertujuan agar sasaran calon akseptor KB lebih tinggi dari sebelumnya, terutama pemakaian metode kontrasepsi jangka panjang. "Tingkat kelahiran banyak terjadi pada keluarga miskin. Itu menurut data BPS, sehingga adanya program KB untuk mengatur jarak kelahiran,” ujarnya.

Dalam upaya mewujudkan tujuan dari program KB nasional ini, dikatakan Wabup bahwa Tim Penggerak PKK Sekadau sebagai sebuah organisasi, dapat menjadi wadah untuk menempa kaum perempuan, agar lebih cekatan, kreatif, serta inovatif.

"Komitmen tim penggerak PKK sudah terbukti Untuk itu pada kesempatan tersebut wakil minta kepada masyarakat agar mengaktifkan kembali posyandu, periksanakan ibu hamil minimal 4 kali selama kehamilan, berikan imunisasi lengkap kepada bayi, timbangilah bayi dan wanita hamil setiap bulan, berantaslah jentik nyamuk dengan 3 M plus, jagalah lingkungan agar tetap bersih dan ikutilah program KB dengan meningkatkan partisipasi pria dalam ber-KB dan membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat di rumah tangga karena peserta KB sudah banyak dan mandiri.

Sementara itu kepada kantor KB Honorius Bruno mengatakan, Pencanangan PKK KB-Kes ini bertujuan untuk lebih meningkatkan peran aktif seluruh lapisan masyarakat, sehingga tercapai harapan dan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.  Acara PKK KB Kes juga dirangkai dengan acara sinatan masal, pemasangan alat kontrasepsi KB dan pembagian door price kepada anak sekolah dan warga setempat.

Pewarta: Hartono*

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013