Pontianak (Antara Kalbar) - PT PLN (Persero) Area Singkawang Wilayah Kalimantan Barat sejak dua bulan terakhir telah membentuk tim khusus untuk bekerja dalam keadaan bertegangan guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Ketua Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) PT PLN Agoes Priambodo saat dihubungi di Pontianak, Kamis, mengatakan tim tersebut mempunyai fungsi strategis dalam membangun citra perusahaan listrik milik negara itu.

"Melalui kontinuitas dan kecepatan pelayanan dengan tidak kehilangan kesempatan dalam menjual listrik kepada pelanggan," kata dia.

Menurut dia, melalui PDKB, pelanggan tidak mengalami pemadaman.

Namun, ia menambahkan, yang lebih penting, PDKB adalah konsekuensi logis dari tuntutan pelanggan serta kemajuan teknologi.

Ia melanjutkan tim khusus tersebut bekerja pada beberapa level yaitu tegangan tinggi, menengah, serta ekstra tinggi.

"Kalau kita lihat tujuan utamanya adalah meningkatkan pelayanan kepada konsumen agar listrik tidak padam, karena dalam pemeliharaan tidak perlu padam dan dapat dikerjakan," katanya menegaskan.

Ia tidak memungkiri adanya PDKB belum diketahui secara luas untuk di Kota Singkawang.

"Jadi, tidak hanya ada di kota-kota besar," kata dia.

Peran utama PDKB adalah melaksanakan pekerjaan secara preventif baik itu pengembangan jaringan maupun pasang baru dalam keadaan bertegangan, dengan komitmen "zero accident", mengikuti prosedur sesuai SOP, kerja sama team, serta profesionalisme.

Sedangkan sasaran umum adalah adalah terwujudnya pelaksanaan pemeliharaan preventif maupun pasang baru dengan tetap menjaga kontinuitas pasokan, serta pembinaan profesionalisme pelayanan SDM PLN.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014