Pontianak (Antara Kalbar) - Sedikitnya seribu warga Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, dari berbagai kalangan ikut menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di wilayah itu.

"Mereka semua berkumpul menjadi satu untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan siap untuk membudayakan keselamatan sebagai kebutuhan," kata Mujidi, dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bengkayang saat dihubungi di Pontianak, Minggu.

Mereka mengenakan seragam kaos putih berlengan biru dan memenuhi Jalan Jerendeng, Kelurahan Bumi Emas, Kecamatan Bengkayang.

Terlihat di antaranya pejabat dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bengkayang, para pelajar dan masyarakat umum lainnya.

Kegiatan yang dipelopori Polres Bengkayang itu juga menjadi bagian dari gerakan nasional dan dilaksanakan di semua daerah di Indonesia.

Menurut Kapolres Bengkayang AKBP Vendra Rivianto, tujuan kegiatan itu untuk mengajak masyarakat menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

Kegiatan diwarnai dengan penempelan stiker pelopor keselamatan berlalu lintas di masing-masing kendaraan.

"Ikut dalam pemasangan stiker itu adalah Staf Ahli Pemkab Bengkayang, Supariadi mewakili Bupati Bengkayang, Ketua DPRD Sbastianus Darwis, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan Negeri Bengkayang dan sejumlah perkumpulan kendaraan di Bengkayang," kata Mujidi.

Setelah pemasangan stiker, juga dilaksanakan aksi bersama penandatanganan kesepakatan untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

Penandatanganan itu dilakukan seluruh pejabat dan masyarakat di atas kain putih berukuran empat meter kali satu meter setengah.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014