Batam (Antara Kalbar) - Maskapai Lion Air mulai Rabu melayani rute penerbangan Bandara Internasional Hang Nadim, Batam Kepulauan Riau-Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat, dengan pesawat Boeing 737-800.

"Jalur tersebut akan dilayani masing-masing satu kali sehari. Pesawat berangkat dari Batam pukul 12.00 WIB," kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas Badan Pengusahaan (BP) Batam, Dwi Djoko Wiwoho di Batam, Rabu.

Ia mengatakan, dari Pontianak pesawat Lion Air akan kembali ke Batam pukul 13.55 WIB untuk melanjutkan penerbangan ke Medan Sumatera Utara.

"Pada penerbangan perdana dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam ke Pontianak, pesawat mengangkut 189 penumpang," kata dia.

Dengan beroperasinya Lion Air, kini rute penerbangan langsung Batam-Pontianak dilayani tiga maskapai yaitu Lion Air, Sky Aviation dan Xpress Air.

"Penerbangan Lion Air menjelang perayaan Imlek 2565. Permintaan akan penerbangan ke Pontianak sangat tinggi sehingga kursi perdana Lion terisi penuh," kata Djoko.

Senin (27/1), Presiden Direktur Lion Air, Rusdi Kirana mengatakan Batam strategis menjadi penghubung wilayah barat dan penerbangan internasional.

Rusdi mengatakan, selain menambah sejumlah penerbangan domestik dari Batam, Lion Grup juga berencana membuka penerbangan internasional dari Batam.

"Dari Batam kami akan membuka penerbangan internasional ke India, sejumlah kota di China, Thailand, dan kawasan Timur Tengah," kata Rusdi.

Saat ini, kata dia, Lion Air memiliki 15 penerbangan domestik dari Batam dan akan terus ditambah hingga 20 tujuan.

"Setelah seluruh rute terkoneksi, kami baru akan membuka penerbangan internasional dari Batam," kata dia.

Pada Senin (27/1) Lion Grup sudah meresmikan pengoperasian hanggar di Batam untuk menunjang operasional maskapai tersebut beserta anak perusahaannya.

(A.J.S. Bie)

Pewarta: Larno

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014