Sungai Raya (Antara Kalbar) - PT LETMI-ITB menyatakan kesiapannya untuk memproduksi dan mendistribusikan Converter Kit yang selama ini diciptakan dan dikembangkan oleh Amin Ben Gas.

"Sekitar pertengahan Februari lalu, saya telah menandatangani kontrak MoU dengan PT LETMI-ITB untuk proses produksi Converter Kit ini. Dalam waktu dekat, Converter Kit ini akan kita pasarkan kepada masyarakat, namun melalui kerja sama dengan pemerintah daerah," kata Amin, di Sungai Raya, Rabu.

Dia menjelaskan, dengan adanya kerja sama itu, ke depan dia dan PT. LETMI-IPB akan terus meningkatkan Converter Kit dengan merk dagang ABG.

"Kita juga akan meningkatkan kapasitas produksi dan memperluas jaringan pemasaran alat ini. Dengan demikian, saya harapkan alat ini bisa memberikan manfaat luas bagi masyarakat," tuturnya.

Amin mengatakan, kerja sama tersebut akan dilakukan dalam jangka waktu dua tahun terhitung sejak 11 Februari 2014 sampai 2016. Namun, perjanjian ini dapat diperpanjang kembali sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Sementara ini, lanjut Amin, baru Kabupaten Bengkayang dan Sambas yang berencana memesan konverter kit yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk keperluan perahu nelayan.

"Saat ini Dinas Kelautan dan Perikanan Kalimantan Barat telah mengadopsi alat ini dan mulai mengenalkannya kepada nelayan yang ada di Bengkayang dan Sambas. Bahkan dari informasi yang kita dapat, rencananya tahun 2014 Kabupaten Bengkayang akan menganggarkan dana APBD untuk memesan alat ini," katanya.

Amin memaparkan, selain Kabupaten Sambas dan Bengkayang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang terletak di Provinsi Jambi juga akan mengadopsi alat itu.

"Belum lama ini Pemkab Tanjung Jabung Timur melakukan kunjungan ke Kubu Raya untuk melihat langsung alat ini. Untuk kelanjutannya mereka akan mengundang saya dan Pemkab Kubu Raya ke sana guna membahas kerja sama pengadopsian alat ini," tuturnya.

Amin menambahkan, pada awal Desember lalu, dia juga diundang oleh Curtin University, Perth, Western Australia, dimana mereka ingin mengetahui lebih tentang konverter kit itu.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014