Sekadau (Antara Kalbar) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sekadau resmi memiliki griya atau gedung pameran baru. Hal ini menyusul kebijakan pemerintah Sekadau yang memberikan pinjam pakai sebuah bangunan asset daerah di Jalan Sekadau-Sanggau untuk digunakan pihak Dekranasda.

"Berharap dengan adanya Griya Dekranasda, jajaran Dekranasda bisa lebih meningkatkan eksitensinya dalam mengembangkan asset-aset kerajinan yang bercirikhaskan budaya daerah dan diharapkan Dekranasda bisa membina dan membimbing pengrajin asal Sekadau agar bisa bersaing dengan pengerajin dari daerah lain,” ujar Bupati Sekadau, Simin Petrus, Jumat ( 21/3 ).

Proses penyerahan pinjam pakai bangunan yang berada tak jauh dari Bundaran Tugu PKK Sekadau tersebut resmi dilakukan secara simbolis oleh Bupati Sekadau, Simon Petrus, pada Jumat.

Selain bupati, ikut hadir, Ketua DPRD Sekadau, Aloysius, Dandim 1204 Sanggau, Letkol Inf Zulkifli, Kapolres Sekadau, AKBP Agus Triadmaja, Sekda Sekadau, Yohanes Jhon, pimpinan Bank Kalbar Cabang Sekadau Yayat Hada Sholihin, serta sejumlah pimpinan SKPD. Acara peresmina Griya diawali dengan do’a pemberkatan oleh pastor Paroki Sekadau Hilir, P. Kristianus CP.

"Sejauh ini, Dekranasda memang memperlihatkan kesungguhan dalam pembinaan pengerajin, terutama pengerajin tenunan. Namun hal ini masih dirasakan kurang. Selain pengerajin tenunan dan anyaman, pengerajin makanan khas daerah Sekadau juga perlu dibina. Misalnya, lemang dan makanan khas daerah lainnya," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Sekadau, Ny Scolastika Simon Petrus berterima kasih atas kebijakan pemerintah daerah yang sudah membantu memberikan pinjam pakai gedung Dekranasda. Hal ini akan semakin meningkatkan eksistensi Dekranasda. Selama ini kita belum memiliki gedung. Dulu kita hanya menyewa ruko untuk dijadikan gedung Dekranasda.

"Kita jelas merasa ketakutan jika sewaktu-waktu pemilik Ruko memerluka Ruko itu, Kita harus keluar. Namun seiring dengan adanya pinjam pakai Gedung Dekranasda, jelas ketakutan yang dulu dirasakan jajaran pengurus Dekranasda akan hilang. Dengan begitu, jajaran Dekranasda bisa bekerja dengan tenang dalam mengembangkan dan membimbing pengerajin di Sekadau," paparnya.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014