Sintang (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang, YAT Lukman Riberu mengatakan Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang menginginkan setiap desa di Kabupaten Sintang memiliki lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) .

“Kami saat ini sedang berupaya menggerakan berdirinya lembaga-lembaga PAUD di setiap desa. Keberadaan lembaga PAUD ini penting untuk mendidik anak-anak usia dini sebab usia dini merupakan usia emas bagi seseorang. Kalau anak-anak usia dini dibimbing dan dididik dengan baik maka akan menghasilkan generasi terbaik,” katanya.

Lukman menyampaikan meski Dinas Pendidikan menginginkan setiap desa memiliki lembaga PAUD namun pendirian lembaga PAUD tidak bisa sembarangan. “Saya ingatkan pendirian lembaga PAUD itu ada prosedur dan syarat-syaratnya. Bagi orangtua yang akan menyekolahkan anaknya di lembaga PAUD harus cek dulu lembaga PAUD tersebut memiliki ijin atau tidak,” pintanya.

Dia mengatakan jangan sampai karena Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang membuka ruang seluas-luasnya bagi masyarakat untuk membuka lembaga PAUD lalu masyarakat asal membuak saja. “Itu tidak bisa, harus ada ijin dan gurunya harus dipersiapkan. Jangan asal buka begitu saja dan tidak mempersiapkan guru dan fasilitasnya. Ingat mendidik anak bangsa itu tidak bisa sembarangan,” tegasnya.

Ia menegaskan Disdik Sintang akan selektif dalam memberikan ijin pendirian lembaga PAUD. Agar jangan sampai pendirian lembaga PAUD hanya dimanfaatkan untuk mencari keuntungan saja.

Lukman juga menyampaikan Disdik Sintang terus mendorong lembaga-lembaga PAUD yang telah ada untuk meningkatkan kreativitas anak didiknya.

Dikatakannya, baru-baru ini Disdik Sintang telah menggelar lomba kreativitas anak PAUD. “Peserta lomba ini mencapai 400 orang. Ini menunjukan antusiasme dari lembaga-lembaga PAUD dan orangtua untuk memberikan kesempatan kepada anak didiknya menunjukan kebolehan mereka,” tuturnya.

Dikatakan Lukman dengan menggelar lomba-lomba kreativitas maka anak-anak usia dini mendapatkan kesempatan menunjukan kebolehan mereka. Kegiatan tersebut jelas akan membuat anak-anak mulai mencintai kemampuan mereka. “Kalau dari kecil, seorang anak diberikan kesempatan untuk menunjukan kebolehannya, saya yakin besarnya mereka akan memiliki kepercayaan diri yang besar,” katanya.

Pewarta: Faiz

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014