Sungai Raya (Antara Kalbar) - Sebanyak 18 incumbent berhasil mempertahankan posisinya di DPRD Kubu Raya pascapelaksanaan Pemilu legislatif yang berlangsung April lalu.

Delapan belas anggota DPRD Kubu Raya tersebut diantaranya adalah, Sujiwo, Muhammad Amri, Drs Yohanes, Agus Sudarmansyah, Bambang Ganepo Putra, Zulkarnaen, Nelly Leony, Suprapto, H. Ali Amin, Teguh Wibowo, Ir. Usman, Lendeng Syahrani, Subandi, Zakaria, Syahdan Muhammad Nor, Musni Kalib dan Joko Triono.

Dari hasil pleno perhitungan suara calon anggota DPRD Kubu Raya periode 2014-2019 yang dilakukan KPU setempat, sebagai pendatang baru, partai Nasional Demokrat berhasil menempatkan tiga kadernya di kursi DPRD Kubu Raya, diantaranya adalah Junaidi SP dari dapil Kubu Raya 1, Utin Nurvita dari dapil Kubu Raya 5 dan K.H Hanafi dari dapil Kubu Raya 6.

Sementara itu, PKB juga berhasil mengantarkan tiga kadernya diantaranya, Jainal Abidin dari dapil Kubu Raya 1, Baharudin dari dapil Kubu Raya 5 dan Jauhari Ja`far dari dapil Kubu Raya 6.

Partai Keadilan Sejahtera harus puas menempatkan dua orang kadernya, antara lain Muhammad Amri dari dapil Kubu Raya 3 dan Yanto dari dapil Kubu Raya 4.

Sebagai partai dengan perolehan kursi terbanyak, PDI Perjuangan berhasil menempatkan 10 kadernya, antara lain, Sujiwo, Usman A Rasyid, dan Yohanes dari dapil Kubu Raya 1, Muhammad Iqbal dari dapil Kubu Raya 2, Agus Sudarmansyah dari dapil Kubu Raya 3, Bambang Ganepo Putra dari dapil Kubu Raya 4, Zulkarnaen dan Sukardi dari dapil Kubu Raya 5, serta Yoga Irawan dan Nelly Leony dari Dapil Kubu Raya 6.

Partai Golkar yang menempati posisi kedua setelah PDI Perjuangan berhasil mengantarkan enam kadernya, antara lain, M. Yani dan Darmansyah dari dapil Kubu Raya 1, Suharso dari dapil Kubu Raya tiga, Suprapto dari dapil Kubu Raya 4, Muhammad Nurdin dari dapil Kubu Raya 5 dan Ngatiman dari dapil Kubu Raya 6.

Pendatang baru lainnya, partai Gerindra, mengantarkan empat kader terbaiknya, antara lain, Umi Kaltsum dari dapil Kubu Raya 1, Ali Amin dari dapil Kubu Raya 2, Yuslanik dari dapil Kubu Raya 3 dan Rohmad dari dapil Kubu Raya 6.

Partai pemenang Pemilu 2009 lalu, Demokrat juga berhasil menempatkan lima orang kadernya, Hamdan dari dapil Kubu Raya 1, Subaidi dari dapil Kubu Raya 2, Teguh Wibowo dari dapil Kubu Raya 3, Usman dari dapil Kubu Raya lima dan Ani Suryani dari dapil Kubu Raya 6.

Sedangkan PAN, mengantarkan tiga orang kadernya, Iqbal Asrarrudin dari dapil Kubi Raya 1, Inna Marshalla Effendi dari dapil Kubu Raya 2 dan Lendeng Syahrani dari dapil Kubu Raya 5.

Menyaingi Partai Golkar, PPP juga berhasil menempatkan enam kadernya, antara lain, Surian dari dapil Kubu Raya 1, Ahmad Sudi dari dapil Kubu Raya 2, Subandi dari dapil Kubu Raya 3, Zakaria dari dapil Kubu Raya 4, Syahdan Muhammad Nur dari dapil Kubu Raya 5 dan Musni Kalib dari dapil Kubu Raya 6.

Yang terakhir, Partai Hanura harus puas menempatkan tiga kadernya, Herry Efendy dari dapil Kubu Raya 1, Joko Triono dari dapil Kubu Raya 3 dan Beny Ferianto dari dapil Kubu Raya 5.

Secara garis besar, perolehan kursi DPRD Kubu Raya per dapil adalah, dapil Kubu Raya 1 sebanyak 12 kursi, Kubu Raya 2 sebanyak lima kursi, Kubu Raya 3 sebanyak tujuh kursi, Kubu Raya 4 sebanyak empat kursi, Kubu raya 5 sebanyak sembilan kursi dan Kubu Raya 6 sebanyak delapan kursi.

Sementara itu, ada hal yang menarik di DPRD Kubu Raya kali ini, dimana lima orang yang akan menduduki 45 kursi yang tersedia merupakan keterwakilan dari kaum perempuan. Padahal, pada periode sebelumnya hanya ada dua orang perempuan di lembaga tersebut.

"Data ini berdasarkan hasil pleno perolehan suara calon anggota DPRD Kubu Raya yang berhasil kita himpun dari pelaksanaan pemilu calon legislatif tahun lalu. Sementara untuk proses pelantikannya tentu juga akan dilakukan secara serentak yang akan dilaksanakan pada bulan September mendatang," kata Ketua KPU Kubu Raya, Gustiar.

(RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014