Sekadau (Antara Kalbar) - Rombongan kafilah asal Kabupaten Sekadau yang akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an ke XXV tingkat Provinsi Kalbar yang dihelat di Kabupaten Bengkayang, resmi diberangkatkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Sekadau, Rupinus, Kamis (24/4).

Rombongan sendiri akan benar-benar berangkat pada 25 April. Acara pelepasan kafilah dilaksanakan di aula lantai II kantor Bupati Sekadau.

"Para qari dan qariah yang tergabung dalam kafilah telah melalui serangkaian proses seleksi seperti mengikuti MTQ III tingkat Kabupaten Sekadau beberapa waktu lalu serta pemusatan latihan (training centre) selama lima hari. Kafilah merupakan qari dan qariah terbaik yang telah melewati proses seleksi. Mereka adalah yang terbaik di bidangnya pada tahun ini,” kata Ketua harian LPTQ Sekadau, Kaharudin dalam laporannya.

Dia mengatakan, kafilah Kabupaten Sekadau terdiri atas 66 orang dengan rincian 9 orang official, peserta laki-laki 13 orang, perempuan 10 orang, tim pawai ta’aruf 5 orang, tim medis 5 orang, pendamping 22 orang, dan tim pemantau 5 orang. Mereka akan mengikuti lima dari tujuh cabang perlombaan.

“Tak lupa kami ucapkan terimakasih atas dukungan Pemkab Sekadau yang begitu tinggi terhadap pembinaan keagamaan seperti misalnya MTQ yang disalurkan melalui LPTQ,” ucap Kaharudin.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sekadau, M. Taufik menyebut MTQ merupakan salah satu ajang untuk pembinaan di bidang agama dengan meningkatkan kegemaran membaca Al-Qur’an.

“MTQ sekaligus menjadi momen untuk menajring bibit-bibit qari-qariah berbakat. Seperti yang menjadi utusan Kabupaten Sekadau dalam MTQ XXV Kalbar ini,” bebernya.

Ditem pat yang sama, Wakil Bupati Sekadau, Rupinus mengapresiasi kesiapan LPTQ Sekadau dalam mempersiapkan segala sesuatunya jelang perhelatan MTQ XXV Propinsi Kalbar, salah satunya dengan mengadakan TC.

“Saya lihat persiapannya sudah bagus. Mudah-mudahan kita bisa meraih hasil yang maksimal. Kafilah, merupakan duta Kabupaten Sekadau dan merupakan orang-orang terbaik di bidangnya. Karenanya, besar harapan agar kafilah mampu mengharumkan nama Kabupaten Sekadau di ajang tersebut. Jangan lupa jaga kesehatan selama disana, jaga perilaku, dan bertandinglah secara sportif,” pesannya.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014