Bandung (Antara Kalbar) - Lembaga Survei Riset Indonesia Strategic Institute (Instrat) dalam survei menyatakan sosok Joko Widodo atau Jokowi menjadi sosok calon presiden (capres) RI yang paling merakyat dibandingkan calon lainnya seperti Prabowo Subianto atau Aburizal Bakrie.

"Untuk Pak Jokowi sendiri dia adalah sosok capres yang dinilai paling merakyat, ia unggul jauh dari daftar nama lainnya. Sementara untuk jujur atau dapat dipercaya ada empat nama yakni, Ahmad Heryawan, Mahfud MD, Anis Matta serta Hatta Rajasa," kata Direktur Instrat, Ridwansyah Yusuf Achmad di Bandung, Sabtu.

Ia mengatakan, dalam survei yang melibatkan 1543 responden pada pekan pertama dan kedua Februari 2014 lalu pihaknya telah menemukan jika responden menilai karakter merakyat dan jujur atau dapat dipercaya adalah hal yang terpenting dalam sosok capres RI.

"Jadi dua karakater ini penting yang perlu melekat pada sosok calon presiden Indonesia. Sementara bersih dan tegas menempati urutan tiga dan empat serta responden tidak melihat faktor pengalaman/berprestasi dan cerdas," kata dia.

Menurut dia, untuk karakter atau sosok capres yang bersih diraih Mahfud MD dan Megawati Soekarnoputri dan untuk karakter/sosok capres yang tegas ditempati Prabowo Subiyanto.


"Sedangkan untuk karakter atau sosok capres cerdas dan berperstasi ditempati oleh Anis Matta dan Megawati Soekarnoputri sebagai peringkat pertama," ujarnya.

Instrat, lanjut Ridwansyah juga melakukan analisis terkait rasio popularitas dan elektabilitas Capres itu sendiri dan hasilnya diketahui bahwa Joko Widodo menempati urutan tertinggi dengan 69 persen, Prabowo 49 persen, sedangkan Aburizal Bakrie 29 persen.

"Dan hal ini selaras dengan tingkat elektabilitas sebagai calon presiden, dimana Jokowi menempati urutan teratas dengan tingkat elektabilitas 38,63 persen, lalu untuk Prabowo 19,57 persen dan untuk ARB 11,21 persen," kata dia.

Lebih lanjut dirinya mengatakan dalam survei tersebut juga ditanyakan tentang kelayakan tokoh mana yang cocok menjadi Presiden dan Wakil Presiden.

"Kemudian responden menilai Prabowo dan Jokowi berada dalam daftar teratas untuk sosok yang dinilau layak sebagai presiden. Sementara Dahlan Iskan, Anis Matta, Ahmad Heryawan, Hatta Rajasa dan Mahfud MD berada pada lima besar dalam penilaian sebagai wakil presiden yang paling layak," katanya.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014