Pontianak (Antara Kalbar) - Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat terus mengembangkan semangat dan motivasi bagi para wirausahawan melalui program Generasi Baru Indonesia (GenBI).

Menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalbar Hilman Tisnawan saat dihubungi di Pontianak, Senin, diharapkan mereka nantinya akan menjadi wirausaha tangguh yang siap bersaing di kancah lokal, nasional maupun regional dan internasional.

"Sehingga mereka perlu dibina sekaligus mencari bibit-bibit baru wirausahawan muda di Kalbar," kata dia.

Salah satunya pada Sabtu (26/4), di Aula Gedung Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalbar di Pontianak, diadakan Seminar yang bertemakan How To Be A Success Entrepreneur yang diadakan oleh GenBI Kalbar dan bekerjasama dengan Bank Indonesia.

Komunitas GenBI Kalbar merupakan sekumpulan anak muda sekaligus mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia dari dua perguruan tinggi negeri yaitu Universitas Tanjungpura dan IAIN Pontianak.

Sekitar 400 mahasiswa hadir dalam seminar yang menghadirkan nara sumber utama, Hendy Kurniah, seorang penulis buku laris sekaligus motivator yang telah sering diundang menjadi pembicara utama dalam berbagai seminar motivasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Pada kesempatan itu, pihak Bank Indonesia juga mensosialisasikan mengenai Kebanksentralan dan Ciri Keaslian Rupiah.

Sementara dari komunitas GenBI memamerkan produk-produk UMKM yang dikembangkan anggota-anggotanya sendiri, seperti kerajinan dari kain flanel, travel online, dan produk makanan.

Manajer Unit Akses Keuangan dan UMKM Bank Indonesia Provinsi Kalbar, Djoko Juniwarto menjadi nara sumber untuk materi mengenai kebanksentralan dan inkubator UMKM.

Ia menjelaskan mengenai fungsi dan peran Bank Indonesia yang selama ini masih tergolong awam bagi masyarakat secara umum pentingnya pengembangan sektor UMKM dalam pertumbuhan ekonomi regional Kalbar.

Kemudian, ratusan mahasiswa itu diberi pemahaman ciri-ciri keaslian uang rupiah, yang diharapkan mampu meningkatkan kepedulian bagi masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menyikapi peredaran uang palsu saat transaksi tunai sehari-hari.

Sedangkan pada sesi kedua, Seminar "How To Be A Success Entrepreneur", dibuka dengan sambutan dari Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalbar, Syamsi.

Menurut Syasmsi, tujuan dibentuknya komunitas GenBI adalah untuk mendekatkan hubungan antara Bank Indonesia dan penerima beasiswanya serta ingin mendidik mereka menjadi sumber daya yang berorientasi wirausaha yang menciptakan lapangan pekerjaan.

"Jadi tidak sekedar ingin menjadi pegawai atau karyawan setelah masuk ke dunia kerja," kata Syamsi.

Acara ini mendapatkan animo yang luar biasa dari peserta karena materi mengenai wirausahawan dan spiritual yang dikombinasikan dengan penyampaian apik dan jenaka oleh Hendy Kurniah. Selain itu, juga diundang narasumber lokal, Beni Sulastiyo yang melengkapi seminar dengan motivasi wirausahawannya yang inspiratif.
******

Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014