Ngabang (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Landak melalui Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporapudpar) setempat akan menggelar seleksi pemilihan putri pariwisata 2014 yang dijadwalkan 22-23 Mei.

"Sudah kita buka pendaftaran secara terbuka bagi masyarakat khususnya usia 19 - 24 tahun atau belum menikah yang ingin tampil pada ajang seleksi dengan beberapa syarat," kata Kepala Bidang Pariwisata Disporabudpar Landak Supiana di Ngabang, Senin (5/5).

Menurut Supiana, pemilihan putri pariwisata digelar setiap tahun guna diambil juara satu dan dua untuk mewakili kabupaten Landak ke tingkat Provinsi Kalbar. Diharapkan para masyarakat khususnya kalangan putri yang ingin tampil berkompetisi agar segera mendaftarkan diri.

"Syarat diantaranya, warga negara Indonesia, usia mencukupi dan belum menikah. Pendidikan minimal lulusan SLTA, fasih bahasa Inggris, sehat jasmani dan bebas narkoba, HIV/Aids dengan dibuktikan surat dari instansi berwenang," ungkap Supiana.

Selain itu, peserta belum pernah sebagai pemenang pemilihan putri pariwisata pada tahun-tahun sebelumnya.

"Peserta nantinya akan diminta menerangkan tentang kebudayaan, kepariwisataan, ekonomi kreatif di kabupaten Landak dan Kalbar," kata Supiana.

Ia menambahkan, pemilihan putri pariwisata tujuannya bukan hanya menjalankan agenda setiap tahun untuk menjaring peserta. Tapi, salah satu promisi potensi daerah khususnya kebudayaan dan pariwisata.

"Jadi, jika berhasil juara di tingkat provinsi Kalbar, tentu akan dikirim ke tingkat Nasional. Kita berharap para masyarakat yang usianya masuk syarat, agar jangan ragu untuk tampil berkreasi," ujar Supiana.

Pewarta: Kundori

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014